News

Empat Kecamatan di Nagan Raya Dikepung Banjir

Banjir di Aceh Tamiang Meluas, 4.147 Orang Mengungsi
Ilustrais, banjir di K. (ist)

POPULARITAS.COM – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Nagan Raya menyebabkan empat kecamatan di kabupaten tersebut terendam banjir pada Selasa (6/7/2021).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas mengatakan, banjir mulai memasuki pemukiman warga sekitar pukul 03.00 WIB. Banjir juga merendam lintasan Meulaboh-Tapaktuan.

“Hingga pukul 09.20 WIB, rumah di empat kecamatan di Kabupaten Nagan Raya masih terendam banjir sejak dini hari tadi pukul 03.00 WIB akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak kemarin,” kata Ilyas dalam keterangannya, Senin (6/7/2021).

Ilyas merincikan, empat kecamatan yang terdampak banjir genangan itu yaitu Kecamatan Kuala, Tadu Raya, Kuala Pesisir dan Seunagan.

Ia menambahkan, BPBD Kabupaten Nagan Raya telah meninjau lokasi dan melakukan pendataan rumah yang terdampak dan kerusakan yang ditimbulkan akibat banjir.

“Akibat banjir ini aktivitas masyarakat sekitar agak terganggu,” kata Ilyas.

“Informasi terakhir yang diterima Pusdalops menyebut belum ada warga yang mengungsi hingga saat ini,” pungkasnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya mengingatkan agar masyarakat di sejumlah kabupaten/kota di Aceh waspada terhadap potensi curah hujan sedang hingga lebat pada 6-7 Juli 2021.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar muda Banda Aceh, Zakaria Ahmad menyebutkan, curah hujan tinggi berpotensi terjadi longsor atau guguran bebatuan dalam skala kecil.

“Juga terjadi genangan air di daerah pesisir atau di dataran rendah dalam skala kecil, banjir menggenangi sebagian jalanan dan pemukiman dan banjir mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala kecil,” ungkap Zakaria.

Editor: dani

Shares: