NewsPolitik

Enam parnas dan dua parlok di Pidie deklarasi koalisi

Enam parnas dan dua parlok di Pidie deklarasi koalisi
Deklarasi Koalisi Pidie Bersatu di Pidie, Senin (20/3/2023). Foto: Koalisi Pidie Bersatu

POPULARITAS.COM – Sejumlah partai politik (parpol) peraih kursi legislatif di Kabupaten Pidie, membentuk koalisi “Pidie Bersatu”

Terdapat delapan parpol yang tergabung dalam koalisi “Pidie Bersatu” itu. Enam di antaranya merupakan partai nasional (parnas) berupa DPD PAN, DPD II Golkar, DPC Demokrat, DPC Gerindra, Nasdem dan PKB.

Hanya dua parpol yang berasal dari partai lokal (parlok) yaitu DPW PNA dan DPW PDA. Pendeklarasian koalisi “Pidie Bersatu” itu dilakukan pada Senin (20/3/2023).

Sedangkan DPW Partai Aceh tidak tergabung dalam gerbong koalisi itu.

Ketua DPD II Partai Golkar Pidie, T Saifullah menyebutkan, tujuan pembentukan koalisi tersebut untuk kemaslahatan daerah setempat.

“Ini bertujuan menguatkan sinergisitas, harmonisasi dan solidaritas kritis atas tersumbatnya komunikasi politik dalam pengawasan berbagai kebijakan pembangunan selama ini,” kata T Saifullah, Senin (20/3/2023).

Informasi dihimpun popularitas.com, dalam tiga tahun terakhir atau sejak 2019-2023, sedikitnya parpol parpol di Kabupaten Pidie sudah tiga kali membentuk koalisi.

Perdana pada Agustus 2019, saat itu terdapat enam partai politik masing-masing Partai Demokrat, Golkar, PDA, PAN, Nasdem dan PKB membentuk Koalisi “Pidie Hebat Rakyat Berdaulat”

Kemudian sekira Mei 2022, enam parpol di Kabupaten Pidie kembali membangun koalisi yang diberi nama “Pidie Meusapat”. Di dalamnya terdiri dari Partai Demokrat, Nasdem, Gerindra, PNA dan PKB serta Partai Aceh.

Kini, partai politik peraih kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie kembali membangun koalisi “Pidie Bersatu”

Hanya saja di dalamnya tidak ada Partai Aceh sebelumnya yang sempat tergabung dalam koalisi “Pidie Meusapat”

Shares: