News

Enam Ruko Hangus Terbakar di Aceh Tamiang

Ilustrasi, Enam Ruko Hangus Terbakar di Aceh Tamiang. (ist)

ACEH TAMIANG (popularitas.com) – Sebanyak enam unit rumah toko (ruko) berkonstruksi kayu yang berada di ruas jalan Kedai Besi, Kampung Kesehatan, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang ludes dilalap sijago merah pada Minggu, 2 Agustus 2020.

Dari informasi diperoleh, api diperkirakan mulai menyala sekira pukul 01.50 WIB dan terus membesar melalap ruko yang berkontruksi kayu yang selama ini menjual barang kelontongan. Kemudian sebagian lagi digunakan sebagai rumah tempat tinggal dan ada juga ruko yang kosong tidak ada penghuninya.

Kepala BPBD Aceh Tamiang melalui Kabid Pencegaham Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakaran, Muhammad Husni menyampaikan, api diketahui oleh warga yang berada disekitar lokasi kejadian sekira pukul 01:50 WIB.

Mengetahui adanya api yang menyala begitu besar, serta dengan cepat membakar rumah toko, kemudian warga setempat menghubungi nomor layanan Pemadam Kebakaran BPBD Aceh Tamiang.

Husni menerangkan, selang beberapa menit kemudian pihaknya menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran dari Pos 2 Kota Kualasimpang dan disusul 1unit mobil Damkar dari Pos 1 Karang Baru.

Husni menyebutkan, laporan tersebut mendapat respon oleh pimpinan dengan mengirim bantuan mobil Damkar dari Pos 3 Upah dan dukungan mobil Damkar dari HSSE PT Pertamina EP Rantau, mengingat lokasi kejadian yang berada di pemukiman padat penduduk dan fasilitas umum serta pemerintahan.

“Api baru dapat dikendalikan satu jam lebih dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini dan pemilik bangunan yang terbakar antara lain milik Ami, Alay, Aseng, Gunung, Memey, ” jelas Husni.

Informasi diperoleh juga, adapun enam ruko habis hangus terbakar rata dengan tanah hanya tinggal puing-puing, sedangkan  sebanyak tujuh ruko yang berada di samping dan rumah warga yang berada di belakang ruko yang terbakar itu ada yang dirusak agar api tidak menjalar membakar bangunan lainnya.

Reporter: Yusri

Shares: