Fakultas Syariah UINSI dirikan Rumah Karir Fasya

POPULARITAS.COM – Fakultas Syariah UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) meluncurkan “Rumah Karir Fasya” sebagai wadah untuk mendukung pengembangan karir dosen di fakultas setempat.

Peluncuran yang berlangsung Kamis (24/11/2022) itu, dipimpin langsung oleh Wakil Rektor I UINSI Samarinda, Prof Muhammad Nasir dan disaksikan langsung oleh Kabiro AUPK, Suriyansyah, para dekan, kepala unit, kepala pusat dan tamu undangan lainnya.

“Rumah karir Fasya menjadi wadah dosen dan juga mahasiswa meningkatkan kolaborasi dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi melalui pembelajaran, penelitian dan juga pengabdian kepada masyarakat,” kata Ketua Rumah Karir Fasya, Maisyarah Rahmi dalam keterangannya, Jumat (25/11/2022).

Peluncuran tersebut, kata Maisyarah, dilakukan bersamaan dengan syukuran jurnal Mazahib yang baru-baru ini berhasil terindeks Scopus tepatnya pada tanggal 20 November 2022. Jurnal Mazahib perdana terbit tahun 2004, dan pada tahun 2022 telah terindeks scopus nomor ke 18 seluruh PTKIN SE Indonesia.

“Ini merupakan jurnal indeks Scopus pertama di pulau Kalimantan,” kata Maisyarah.

Dekan Fakultas Syariah UINSI Samarinda, Bambang Iswanto menyampaikan bahwa selama ini banyak dosen di fakultas setempat yang terkendala dalam pengurusan kenaikan pangkat. Bukan tidak memenuhi syarat angka kredit, namun kesibukan dan juga kegiatan lainnya.

Hal tersebut, kata Bambang, menyebabkan banyak dosen yang terkendala untuk mengurusnya. Sehingga banyak yang terhambat dalam hal urusan kenaikan pangkat.

Oleh karena itu, kata dia, Fakultas Syariah UINSI Samarinda berinisiatif mendirikan Rumah Karir Fasya yang nantinya diharapkan mampu memberikan solusi untuk mempercepat karir dan meningkatkan kualitas serta kompetensi dosen Fakultas Syariah UINSI Samarinda melalui optimalisasi tri dharma perguruan tinggi.

Pada praktiknya, tambah Bambang, Rumah Karir Fasya sudah berjalan sejak 2021, dengan target kerja menerbitkan buku BerISBN dosen Fakultas Syariah, memotivasi penerbitan artikel jurnal dan penelitian dosen, dan juga penyimpanan arsip bukti kinerja dosen yang disimpan pada satu drive penyimpanan file.

“Dan dokumen digital sehingga memudahkan untuk mencari data kinerja dosen,” ujarnya.

Melalui Rumah Karir Fasya, Bambang ingin publikasi ilmiah dosen akan dimaksimalkan. Rumah Karir Fasya memiliki slogan one semester one publication untuk peningkatan publikasi dosen dan mahasiswa.

“Adapun visi Rumah Karir Fasya adalah terdepan dalam pengembangan karir dan publikasi Dosen Fakultas Syariah,” katanya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.