News

Fenomena Awan Lentikularis Mirip UFO Hiasi Langit Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Warga Banda Aceh dan sekitarnya dikagetkan dengan bentukan awan yang menyerupai dua UFO, pada Selasa sore (6/7). Dimana cuaca saat itu mendung.

Awan tersebut juga terlihat seperti gasing yang hendak turun ke daratan. Spontan warga yang melihat fenomena tersebut langsung mengabadikannya lewat smartphone mereka.

Menanggapi fenomena awan tersebut, Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Zakaria Ahmad mengatakan, awan itu disebut awan lentikularis yang merupakan awan menengah.

Zakaria bilang awan lentikularis terbentuk ketika arus angin yang mengalir sejajar permukaan bumi mendapat hambatan dari objek tertentu seperti pegunungan. Akibat hambatan tersebut, arus udara tersebut bergerak naik secara vertikal menuju puncak awan.

Udara naik tersebut mengandung banyak uap air dan bersifat stabil, maka saat mencapai suhu titik embun di puncak gunung uap air tersebut, mulai berkondensasi menjadi awan mengikuti kontur puncak gunung.

“Fenomena awan ini adalah biasa walau jarang ada dan tidak ada kaitan dengan fenomena lain seperti akan ada gempa besar apa lagi yang berbau mistis,” kata Zakaria.

Menurut Zakaria, bentuk awan tersebut menarik bila dilihat bentuknya, ada yang seperti gansing ada juga yang berbentuk Ufo, ada juga seperti tudung atau topi bila terjadi dipuncak gunung.

Namun awan ini sangat berbahaya terhadap dunia penerbangan, karena menimbulkan turbulensi. Sehingga bila pesawat atau helikopter melintasi awan tersebut akan terjadi guncangan yang hebat bahkan bisa terjadi kecelakaan jatuhnya pesawat.

“Awan ini menarik dilihat, tapi berbahaya terhadap dunia penerbangan, terutama untuk penerbangan rendah seperti helikopter atau pesawat kecil dan juga pesawat yang mau landing,” katanya.

Shares: