EkonomiNews

Festival panen kopi siap digelar

emerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menyatakan siap menggelar Festival Panen Kopi dalam rangkaian semarak Gayo Alas Mountain International (GAMI) Festival 2018 yang akan berlangsung di Kabupaten Bener Meriah.
Panen Kopi di Bener Meriah.

BANDA ACEH (popularitas.com) : Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menyatakan siap menggelar Festival Panen Kopi dalam rangkaian semarak Gayo Alas Mountain International (GAMI) Festival 2018 yang akan berlangsung di Kabupaten Bener Meriah.

“Festival panen kopi yang dirangkai dalam kegiatan Gamifest 2018 ini merupakan ragam atraksi wisata untuk memperkenalkan Dataran Tinggi Gayo sebagai destinasi wisata unggulan Aceh lainnya,” kata Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Amiruddin, di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan kegiatan yang mengusung tema “Melestarikan Budaya, Mensejahterakan Masyarakat” akan digelar secara perdana tanggal 19-21 November 2018 di Kampung Rembele dan Seladang Cafe? Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

“Kami merasa bangga karena Festival Panen Kopi akhirnya dapat dilaksanakan secara perdana di Kabupaten Bener Meriah dengan melibatkan masyarakat, komunitas kopi, dan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, dengan berbagai rangkaian kegiatan menarik,” katanya.

Ia menjelaskan kegiatan yang digelar tersebut juga bagian memberikan hiburan dan edukasi menarik bagi pengunjung yang datang ke Dataran Tinggi Gayo untuk memahami kopi dengan baik.

“Penyelenggaraan Festival Panen Kopi ini digelar bersamaan dengan tibanya masa panen kopi raya di Bener Meriah, sehingga akan menjadi daya tarik wisata bagi pengunjung untuk melihat langsung kegiatan panen kopi oleh masyarakat setempat,” katanya.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani, mengatakan Festival Panen Kopi tersebut juga dirangkai dengan kegiatan unik lainnya seperti Kopi dan Fashion Show di kebun kopi, Kopi, Perempuan dan Entrepreneur, Kopi dan Fotografi, Kopi dan Masa Lalu, lomba menyortir kopi, dan bazar.

“Festival ini juga bertujuan melestarikan budaya masyarakat Gayo dalam mengolah kopi hingga menjadi salah satu kopi terbaik di dunia dengan cita rasa tinggi,” katanya.

Pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat menjadi salah satu sumber pemasukan bagi masyarakat di sekitar lokasi kegiatan, khususnya masyarakat Bener Meriah dengan memperkenalkan ragam produk kopi.

Pelaksana Tugas Bupati Bener Meriah, Tgk Sarkawi, mengungkapkan rasa gembira untuk penyelenggaraan Festival Panen Kopi di daerahnya dan optimistis menjadikan festival budaya ini sebagai kegiatan tahunan.

“Semoga penyelenggaraan Festival Panen Kopi di Bener Meriah akan berjalan sukses dan dikunjungi banyak wisatawan, sekaligus melengkapi kesuksesan Gayo Alas Mountain International Festival 2018,” katanya. (aceh.antaranews.com)

Shares: