NewsOpini

Foto Firli dan SYL yang bikin heboh

Foto Firli dan SYL yang bikin heboh
Foto Firli Bahuri dan Mentan Syahrul Yasin Limpo saat berbincang salah satu gedung olah raga di Jakarta. FOTO : Ist

POPULARITAS.COM – Publik dikejutkan dengan peristiwa foto yang menampakkan pertemuan antara Ketua KPK RI Firli Bahuri dan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpol (SYL). Pada gambar itu, terlihat sosok firli mengenakan pakai olah raga, bercelana pendek sedang duduk dan berbicara dengan politisi Nasdem SYL.

Potongan gambar itu kemudian dikaitkan dengan upaya pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan KPK RI dalam pengungkapan kasus dugaan korupsi di tubuh Kementrian Pertanian RI.

Sosok Firli Bahuri memang tak lepas dari kontroversi. Sikap tegasnya terhadap koruptor membuat mantan Kapolda Sumatera Selatan ini kerap diserang dengan berbagai isu, dari hubungan asmara dengan Salsabila yang tak pernah terbukti, dan kini Ia dituduh melakukan pemerasan.

Kembali pada foto pertemuan antara Firli Bahuri dan SYL yang sempat viral itu. Jika diamati, foto tersebut diambil seseorang dan di potret di salah satu lokasi gedung olah raga tempat Firli kerap bermain bulu tangkis.

Ya, Firli memang hobi bulu tangkis, kebiasaan itu kerap yang lakukan setiap hari libur. Bahkan, dalam kunjungan kerja ke sejumlah wilayah, jika miliki waktu luang, dipastikan Firli akan membawa atlte bulu tangkis senior untuk bermain badminton.

Penulis sendiri, pernah bermain bulutangkis bersama Firli Bahuri di salah satu kota di Indonesia. Saat itu, kebetulan ada kegiatan organisasi, Firli membawa sejumlah mantan atlet nasional, sepereti Haryanto Arbi, Taufik Hidayat dan lainnya.

Saat itu, sejumlah pejabat juga hadir dalam gedung olah raga itu, ada walikota dan juga pejabat dari kepolisian di daerah tersebut. Ya, biasa saja, tidak ada yang istimewa, ataupun pembicaraan yang aneh-aneh. Sebab, semua terjadi di ruang terbuka dan disaksikan banyak orang.

Nah, kembali pada foto Firli dan SYL itu, penulis yang pernah bermain bulu tangkis bersama Firli menilai hal tersebut bukan sesuatu yang aneh. Bahwa kemudian SYL hadir dalam gedung olah raga itu, toh di situ sangat ramai orang, bukan hanya mereka berdua. Jadi, tak mungkin ada pembicaraan-pembicaraan yang sifatnya rahasia.

Mengenal Firli Bahuri sudah sekian tahun. Hubungan kami berdua sangat komunikatif. Sebagai jurnalis, sosok Firli Bahuri merupakan pejabat publik yang sangat menjaga komunikasi terkait dengan kerja-kerja pemberitaan.

Beberapa kali dalam urusan organisasi kerap bertemu dengan Firli Bahuri. Satu hal yang sangat Ia jaga adalah bicara mengenai kasus. Ia tidak pernah akan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait dengan kasus korupsi yang terjadi di daerah. Hal tersebut, sepertinya sangat dia jaga jika pembicaraan kami berdua menyangkut kasus.

Kini, lewat foto dirinya dan SYL di gedung olah raga dan sedang bermain bulu tangkis jadi perhatian publik. Tentu saja, bagi yang tak mengenal Firli Bahuri, foto itu bisa multi tafsir dan memunculkan anasir jahat. Namun, bagi penulis yang sedikit mengenalnya, Firli bukanlah sosok pejabat yang bisa dibeli, Ia punya integritas dan benar-benar ingin mengabdikan dirinya dalam pemberantasan korupsi di tanah air.

Oleh Hendro Saky

Penulis adalah Ketua JMSI Aceh

Shares: