News

Gempa Magnitudo 5,0 di Sabang Tak Berpotensi Tsunami

Gempa guncang Kota Lhokseumawe
Ilustrasi, Nias dan Maumere diguncang gempa pada Kamis (31/12/2022) petang. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

POPULARITAS.COM – Gempa bumi tektonik magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Barat Laut Kota Sabang, namun peristiwa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Aceh Besar Dhati Cipto Kuncoro mengatakan kejadian itu terjadi pada Kamis ini, pukul 08.27 WIB.

“Gempa bumi tektonik magnitudo 5 di Barat Laut Kota Sabang tidak berpotensi tsunami,” kata Djati seperti dilansir laman Antara, Kamis (7/1/2021).

Dia menjelaskan gempa bumi itu terjadi pada koordinat 6,26 LU dan 94,18 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 kilometer arah Barat Laut Kota Sabang Aceh pada kedalaman 64 kilometer.

Menurut dia, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indonesia – Australia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik. Guncangan ini dirasakan di Banda Aceh II-III MMI,” katanya.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi itu. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, katanya lagi.

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Namun masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Shares: