News

Gempa magnitudo 5,0 guncang Banda Aceh, begini hasil analisis BMKG

Gempa berkekuatan 5,2 SR gunang Kota Sabang
Ilustrasi - Seismograf bekerja mendeteksi getaran gempa. ANTARA/HO-Aspri

POPULARITAS.COM – Pagi tadi, wilayah kota Banda Aceh dan Aceh Besar diguncang gempa magnitudo 5,0, Selasa (7/11/2023) sekitar pukul 04.12 WIB.

Dalam informasi terbaru, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa berpusat di 124 kilometer arah Barat Daya kota Banda Aceh di kedalaman 40 kilometer.

“Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng,” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Daryono, Selasa (7/11/2023).

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme sesar naik (thrust fault). Gempa ini dirasakan di wilayah kota Banda Aceh dan Aceh Besar,” jelasnya.

Hasil pemodelan BMKG juga menunjukkan bahwa gempa tersebut tak berpotensi tsunami. Hingga pukul 04.30 WIB pagi tadi, hasil monitoring BMKG tak menunjukkan adanya gempa susulan.

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ucapnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Shares: