News

“Gisa U Gampong” Cara Pemerintah Aceh Fasilitasi Mahasiwa Mudik Lebaran

BANDA ACEH (popularitas.com) – Puluhan mahasiswa Aceh mendapatkan fasilitas mudik gratis yang difasilitasi Pemerintah Aceh melalui Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA). Bersama tokoh masyarakat Aceh lainnya, BPPA melaksanakan program Gisa U Gampong (Pulang ke Kampung).

Secara simbolis, puluhan generasi muda Aceh yang tengah menuntut ilmu di pulau Jawa itu, dilepas berangkat mudik dari titik kumpul Wisma Foba, Setia Budi Barat, Jakarta, Minggu, 26 Mei 2019.

Kepala BPPA, Almuniza Kamal mengatakan, program mudik gratis tersebut baru pertama kali diselenggarakan oleh Pemerintah Aceh untuk mengakomodasi aspirasi mahasiswa Aceh.

“Ada puluhan mahasiwa Aceh yang mudik. Mahasiswa dan mahasiswi ini berasal dari sejumlah universitas yang tersebar baik di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta,” ujarnya.

Ia berharap, penyelenggaraan mudik gratis ini dapat menjadi ajang silaturahmi antara pemerintah dengan mahasiswa dan tokoh masyarakat Aceh lainnya di perantauan.

Sementara itu, koordinator program Gisa U Gampong, Muntasir Ramli mengatakan, ada 172 data mahasiswa dan santri Aceh yang telah mendaftar. Namun baru terakomodir hanya 70 mahasiswa. Sebab kapasitas bis yang tersedia hanya dua.

“Artinya kita kekurangan 3 bis lagi ukuran 35 set. Semoga dalam dua hari ini ada solusi terbaik agar mahasiswa bisa Gisa U Gampong, sesuai dengan harapan,” ujarnya.

Muntasir menuturkan, setiba di kampung halaman, peserta program Gisa U Gampong ini nantinya diminta untuk menulis artikel terkait potensi di daerah masing-masing. Adapun kegunaannya disebutkan untuk formulasi kebijakan pemerintah di masa yang akan datang.

Seorang mahasiswa Aceh asal Singkil, Yudha Prawira, mengatakan program Gisa U Gampong ini sangat membantu mahasiswa yang ada di Jakarta untuk mudik ke kampung halaman.

“Sangat membantu. Mengingat tiket pesawat naik (mahal). Dan rata-rata mahasiwa ingin pulang untuk merayakan lebaran bersama keluarga. Kita berharap tahun depan program ini tetap berjalan,” ujar mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu.

Sebelum pelepasan, peserta program Gisa U Gampong berbuka puasa bersama dan salat Magrib. Kemudian dilanjutkan dengan salat Isya dan Tarawih. Juga setelah itu di isi tausiyah untuk keberkahan dalam perjalanan yang disampaikan Ustaz Amri Fatmi Anziz. (ASM)

Shares: