EkonomiNews

Harga Telur Ayam Tembus 50 Ribu Per Papan

kedai sembako milik Akbar di PPasar Rukoh Darussalam/ Foto; Ahyar Magang

POPULARITAS.Com- Harga telur ayam di kota Banda Aceh mengalami kenaikan sepekan terakhir dari harga Rp 38 per papan, naik menjadi Rp 42 ribu perpapan dan seminggu terakhir ini naik drastis menjadi Rp 50 ribu per papannya.

Menurut Akbar, salah satu pedagang sembako di pasar Rukoh, Kenaikan telur dipicu banyaknya permintaan konsumen di akhir tahun, namun pasokan telur yang masuk ke Aceh sedikit.

“Kalau sudah akhir tahun memang sudah menjadi kebiasaan harga telurnya naik, tapi kenaikan harga tahun ini lebih dari tahun- tahun sebelumnya, sekarang harga dari 42 ribu per lempeng menjadi 50 ribu perlempeng,” kata Akbar, penjual sembako di pasar Rukoh Darussalam.

Pasar Rukoh Darussalam Banda Aceh Foto ; Ahyar Magang

Sedikitnya pasokan telur dan dan beberapa jenis sembako lainnya ke Aceh dikarenakan banjir yang melanda Aceh Utara dan Aceh Timur yang ikut menggenangi jalan utama lintas Aceh Medan sehingga mengganggu masuknya pasokan telur dan sembako ke Banda Aceh.

Namun untuk jenis sembako lainnya tidak ada kenaikan harga yang drastis, hanya minyak goreng saja yang mengalami sedikit kenaikan sepekan terakhir ini. Minyak goreng yang biasanya Rp 13 ribu per kilo menjadi Rp 14 ribu perkilonya. Sedangkan untuk harga gula dan beras hingga saat ini masih stabil harganya.

harga Sembako lainnya masih stabil, kenaikan harga hanya pada telur ayam dan minyak goreng. Foto; Ahyar Magang

Akbar mengungkapkan harga minyak goreng mengalami kenaikan sejak sepekan terakhir, dari Rp 13 per kilogran menjadi  Rp 14 ribu per kilogram. Sedangkan untuk harga sembako gula pasir dan beras, saat ini masih stabil.

Reporter Magang: Ahyar

Editor : Fitri

Shares: