News

Hari Ini Nakes di Aceh Dapat Suntikan Booster Vaksin Moderna

Giat vaksinasi di indonesia. (Foto: Antara)

POPULARITAS.COM – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Aceh menyebutkan Pemerintah Aceh akan mulai melakukan vaksinasi tahap ketiga sebagai penguat bagi tenaga kesehatan di provinsi paling barat Indonesia itu.

“Vaksinasi massal di Banda Aceh Convention Hall (BCH) Banda Aceh dihentikan sementara waktu, karena akan dilakukan vaksinasi khusus penguat kepada tenaga kesehatan di Aceh,” kata Juru Bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani seperti dilansir laman Antara, Senin (9/8/2021).

Dia menjelaskan pelaksanaan vaksinasi penguat bagi tenaga kesehatan itu akan berlangsung pada Senin (9/8/2021) hingga Sabtu (14/8/2021) mendatang. Setiap tenaga kesehatan akan menerima suntikan vaksin jenis Moderna buatan Amerika Serikat.

Penyuntikan vaksin penguat akan berlangsung di setiap fasilitas kesehatan para tenaga kesehatan bertugas, sehingga vaksinasi COVID-19 massal bagi masyarakat harus dihentikan sementara waktu.

“Usai pelaksanaan vaksinasi khusus atau suntikan ketiga bagi tenaga kesehatan, Insya Allah vaksinasi bagi masyarakat umum di BCH Banda Aceh juga dapat dilanjutkan kembali,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh Iman Murahman mengatakan pihaknya telah menerima 46.620 dosis vaksin Moderna yang akan disuntikkan bagi tenaga kesehatan.

“Vaksin Moderna sudah kami terima pada minggu lalu, sebanyak 3.330 trial, yang isi dalam satu trial itu sebanyak 14 dosis,” kata Iman.

Menurut Iman, tenaga kesehatan yang akan menerima vaksinasi penguat tersebut, yakni mereka yang telah menyelesaikan penyuntikan hingga dosis kedua vaksin Sinovac di Aceh.

“Tenaga kesehatan yang akan disuntik vaksin penguat ini lebih dari 46.000 orang, khusus mereka yang sudah melakukan penyuntikan vaksin dosis kedua. Penyuntikan akan dilakukan di fasilitas kesehatan masing-masing,” katanya.

Shares: