News

Hari Ini Tiga Bencana Kebakaran Landa Aceh

(Foto: BPBA)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Satu unit rumah terbakar di Desa Tgk Dibale, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara pada Kamis, 4 Juni 2020 pukul 05.15 WIB.

Staf Pusat Data dan Informasi BPBA, Halinda Yuwita mengatakan, kebakaran tersebut menyebabkan 10 jiwa dari 2 keluarga kehilangan tempat tinggal. Rumah tersebut miliki Nurlatifah (65).

“Kronologi kebakaran masih dalam  penangana pihak yang berwajib,” ujar Haslinda dalam keterangannya, Kamis, 4 Juni 2020.

Ia menjelaskan, dalam memadamkan api BPBD Aceh Utara mengerahkan 2 unit armada pemadam kebakaran. Begitu menerima informasi, petugas langsung menuju ke tempat kejadian untuk melakukan pemadaman.

“Api dapat dipadamkan pada pukul 06.30 WIB,” pungkasnya.

Pada hari yang sama kebarakan juga terjadi di Kota Lhokseumawe. Berdasarkan data dari BPBA, kebakaran melanda lahan seluas kurang lebih 2 hektare di kota tersebut.

Haslinda menuturkan, lahan yang terbakar itu berada di Desa Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe. Diduga, kebakaran lahan ini akibat dari pembakaran sampah.

“BPBD Kota Lhoksemawe  mengerahkan dua unit armada damkar ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman, dibantu oleh Tim TRC PB, Polri dan masyarakat setempat dan api sudah berhasil dipadamkan pada pukul 14.00 WIB,” katanya.

Sedangkan di Kabupaten Aceh Barat, kebakaran lahan terjadi di Jalan PT Mifa Bersaudara, Desa Peunaga Cut, Kecamatan Meureubo. Hanya saja, kebakaran ini terjadi pada Rabu, 3 Juni 2020 kemarin pukul 16.00 WIB.

Haslinda menjelaskan, kebakaran tersebut menyebabkan kurang lebih 1 hekatare lahan terdampak. Hingga hari ini, Kamis, 4 Juni 2020 pukul 14:35 WIB kebakaran belum padam, bahkan semakin meluas.

“BPBD Kabupaten Aceh Barat sudah menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan pengecekan, dan api masih ada dan lahan yang terbakar semakin meluas,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: