News

Hasil Swab Santri Meninggal Akibat Kecelakaan di Pijay Negatif Corona

Pemakaman jenazah secara protokol kesehatan. (ist)

POPULARITAS.COM – Hasil uji swab warga yang berinisial K (16) warga Gampong Baroh Musa, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, yang meninggal dunia akibat kecelakaan bermotor, namun reaktif COVID-19 berdasarkan rapid test, ternyata negatif virus Corona.

K diketahui mengalami kecelakaan bermotor pada pada Minggu 2 Agustus 2020. Saat itu warga Pidie Jaya itu dirujuk ke RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli, Pidie.

Pihak RSU Tgk Chik Ditiro kemudian melakukan rapid test, sebagaimana protokol kesehatan, di mana hasil tes cepat dengan sempel darah ujung jari itu menunjukkan reaktif, sehingga dilakukan uji swab.

Sedangkan hasil uji swab warga Bandar Baru Pidie Jaya itu belum keluar, hingga santri di salah satu pondok pesantren di Bireuen itu menghembuskam nafas terakhirnya, pada Selasa 4 Agustus 2020, pagi hari.

Seterusnya, proses pemulasaraan jenazah korban yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas yang dipimpin langsung oleh Kapolres Pidie Jaya, Musbagh Ni’am, dilakukan sesuai protokol kesehatan, disebakan reaktif berdasarkan hasil rapid tes.

Kini hasil uji swab K atas dengan metode polymerase chain reaction (PCR) Balitbangkes Aceh, diketahui sudah keluar, di mana hasilnya Alm sama sekali tidak terjangkit virus Corona.

Hal itu diketahui usai Tim Gugus COVID-19 Pidie Jaya, menerima hasil uji swab negatif pada Selasa 18 Agustus 2020.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas COVID-19 Pidie Jaya, Eddy Azwar menyebutkan, hasil pemeriksaan spesimen lendir dan tenggerokan atau uji swan di Laboratorium Provinsi Aceh, Alm negatif virus Corona.

“Hasil swab yang di Lueng Putu itu (Alm K) negatif COVID-19,” kata Eddy Azwar kepada popularitas.com, Kamis (20/8/2020).

Selain itu, pasca lebaran Idul Adha 1442 Hijriah, Tim Gugus Pidie Jaya juga sempat melakukan sejumlah rapid test untuk waga setempat, di mana hasil tes cepat saat itu 7 termasuk alm menunjukkan reaktif.

Namun kini, keseluruhan hasil uji swab terhadap warga Pidie Jaya yang reaktif hasil rapid test pasca lebaran itu, negatif COVID-19.

“Hasil swab yang 7 reaktif pasca lebaran, 6 sudah kita terima, hasilnya negatif,” jelasnya.

Editor: dani

Reporter: Nurzahri

Shares: