News

Hitoshi Imaoka penumpang kapal pesiar dievakuasi ke RSUD Zainal Abidin Banda Aceh

Hitoshi Imaoka penumpang kapal pesiar dievakuasi ke RSUD Zainal Abidin Banda Aceh
Hitoshi Imaoka (68), warga asal Jepang yang merupakan penumpang kapal pesiar Pasific Wolrd dievakuasi tim SAR, Sabtu (16/3/2024). FOTO : Basarnas Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Hitoshi Imaoka (68) warga Jepang yang juga merupakan penumpang kapal pesiar Pasific World, berhasil dievakuasi ke RSUD Zainal Abidin Banda Aceh, Sabtu (16/3/2024) oleh Basarnas Banda Aceh. Lelaki tersebut terpaksa diboyong ke rumah sakit, sebab luka yang Ia derita akibat kecelakaan membutuhkan perawatan serius dan intensif di daratan.

Pasific World yang berlayar dari Mauritus menuju Penang, Malaysia tersebut, mengontak tim SAR Banda Aceh dan mengabarkan perihal kondisi kegawatdaruratn yang membutuhkan penanganan.

Mendapatkan kontak darurat tersebut, petugas SAR di Banda Aceh melakukan kordinasi dengan pihak Balai Karantina Kesehatan. Kemudian diputusakan mengirimkan personil evakuasi dan tim medis menggunakan KN Kresna yang dkemudikan oleh Kapten Supriadi.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor SAR Banda Aceh, Al Husain dalam penjelasannya kepada popularitas.com, Sabtu (16/3/2024) terkait dengan proses evakuasi yang dilakukan pihaknya terhadap Hitoshi Imaoka.

“Proses evakuasi telah selesai dan korban sudah dibawa ke RSUDZA Banda Aceh untuk perawatan lebih lanjut,” terangnya.

Saat proses evakuasi ada sedikit kendala, sambungnya. Hal tersebut karna kapal berbendera Panama sepanjang 216 meteritu tak miliki tali tambat, tambahnya. Akibatnya, KN Kresna yang dibawa pihaknya alami kesulitan saat sandar untuk proses evakuasi.

Tapi, berkat kesiapasiagaan tim proses evakuasi berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti. “Alhamdulillah, semua tim yang terlibat dan korban sudah kembali ke darat,” tukasnya.

Shares: