HeadlineNews

Hujan Abu Vulkanik Sinabung Landa Aceh Selatan

Beberapa kendaraan di kawasan Aceh Selatan terdampak debu vulkanik yang diduga kiriman dari letusan Gunung Sinabung | Repro

BANDA ACEH (popularitas.com) – Hujan abu vulkanik yang diduga berasal dari letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara dilaporkan melanda lima kecamatan di Aceh Selatan pada Senin, 10 Juni 2019 sekitar pukul 20.30 WIB. Akibatnya sejumlah rumah dan kendaraan warga diselimuti abu.

“Tak hanya itu, jarak pandang warga juga terganggu,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP, Senin dinihari.

Adapun kelima kecamatan yang berdampak abu vulkanik tersebut yaitu Kecamatan Trumon Timur, Kecamatan Trumon Tengah, Kecamatan Trumon, Kecamatan Bakongan, dan Kecamatan Kluet Utara.

Cut Syazalisma menyebutkan pihaknya saat ini terus berkoordinasi dengan Muspika Kabupaten Aceh Selatan untuk mengantisipasi dampak merugikan serta membahayakan penduduk di daerah tersebut. Pihaknya juga telah menugaskan anggota Pos Pemadam 06 Trumon, Pos 05 Bakongan, dan anggota Pos 04 Kluet Utara untuk melakukan pemantauan terhadap abu vulkanik yang sedang berlangsung.

“Hingga pukul 00.30 dinihari belum ada laporan korban jiwa akibat terdampak abu vulkanik kiriman dari Sumatera Utara ini. Namun, laporan dari Pos 04 Kluet Utara saat ini abu vulkanik sudah mulai memasuki wilayah Kluet Utara. Sementara laporan dari Pos 06 Trumon dan Pos 05 Bakongan hujan abu vulkanik alhamdulillah sudah menurun,” ungkap Cut Syazalisma.

Saat ini ada beberapa kebutuhan mendesak sementara yang diperlukan guna mengurangi dampak abu vulkanik tersebut. Diantaranya, kata Cut Syazalisma, peralatan masker dan perlengkapan medis lainnya.

Sebelumnya diberitakan, Gunung Sinabung kembali meletus pada Minggu, 9 Juni 2019 sekitar pukul 16.28 WIB. Dilansir CNN Indonesia, kolom abu letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Tanag Karo tersebut mencapai 7.000 meter di atas puncak.*(BNA)

Shares: