EkonomiNews

Pidie ditargetkan jadi daerah penghasil jagung terbesar di Aceh

Pidie ditargetkan jadi daerah penghasil jagung terbesar di Aceh
Pj Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto bersama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) saat panen jagung di Gampong Cot Tunong, Glumpang Tiga, Pidie, Sabtu (18/11/2023). FOTO : popularitas.com/Nurzahri

POPULARITAS.COM – Kabupaten Pidie ditargetkan dapat menjadi salah satu sentra penghasil jagung terbesar di Aceh. Untuk mencapai hal itu, pemerintah daerah setempat akan memperluas lahan tanam hingga 1.200 hektar beberapa waktu mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto saat penan jagung di Gampong Cot Tunong, Glumpang Tiga, Sabtu (18/11/2023).

Pj Wahyudi Adisiswanto mengatakan, sebagai daerah yang miliki lahan pertanian yang subur, maka potensi pengembangan jagung akan jadi prioritas pihaknya. Saat ini, sambungnya, luas lahan komoditi itu baru capai 120 hektar, namun akan ditingkatkan hingga 1.200 hektar, tambahnya.

Dengan luas tersebut sambung Wahyudi Kabupaten Pidie berpotensi menjadi daerah dengan penghasil jagung terbesar di Provinsi Aceh sehingga akan mendongkrak perekonomian para petani setempat.

“Kabupaten Pidie berpotensi menjadi penghasil jagung terbesar di Aceh. Sebab didukung tanah yang subur dan air yang cukup,” katanya.

Lahan yang dilakukan pemanen jagung tersebut awalnya merupakan areal perkebunan budidaya tanaman kakao, namun petani setempat kemudian mengubah menjadi lahan tanaman palawija itu.

“Keterangan petani, dulunya di wilayah itu bekas kebun coklat (kakao) namun sekarang sudah dijadikan lahan untuk tanaman jagung,” ucapnya.

Meski memiliki luas lahan disertai tanah yang subur namun untuk dapat menjadikan sebagai daerah penghasil jagung terbesar tentunya akan didukung oleh pemerintah setempat maupu Provinsi Aceh dengan program-programnya.

“Mudah-mudahan ke depan Pidie menjadi salah satu daerah yang mensuplay komoditi jagung terbesar di Aceh. Saat ini luas areal tanaman jagung di Kabupaten Pidie seluas 120 hektar, dan target kita 1200 hektar yang sudah disetujui Kementrian Pertanian,” tutur Wahyudi Adisiswanto.

Sementara Kepala Distanbun Provinsi Aceh, Cut Huzaimah mengatakan, dengan kondisi petani Pidie yang mulai serius dalam tanaman jagung, pihaknya akan memasukan daerah setempat sebagai kawasan pengembangan jagung.

“Masyarakat secara swadaya sudah mulai menaman jagung, mudah-mudahan untuk ke depan Pidie masuk dalam kawasan pengembangan jagung,” jelasnya.

Editor : Hendro Saky

Shares: