News

Hujan Es Terpa Mekkah, Kondisi Jemaah Haji Aceh Aman

BANDA ACEH (popularitas.com) – Hujan deras disertai es mengguyur sebagian kota Makkah kemarin, Senin 12 Agustus 2019. Hal itu sempat mengakibatkan para jemaah yang ingin menuju ke jamarat atau tempat lempar jumrah, menghentikan aktifitasnya dan berteduh di tempat aman.

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Aceh, memastikan Jemaah Haji Aceh dalam kondisi aman. Para jemaah mencari alternatif lain untuk menuju lokasi jamarat saat hujan dan tidak menjadi kendala.

“Alhamdulillah jemaah kita (Aceh) dalam kondisi sehat dan baik-baik saja. Bahkan pada saat kondisi cuaca hujan itu, jemaah kita tidak mengurungkan niatnya berangkat ke lokasi jamarat yang berjarak 3 KM dari tenda pemondokan,” kata Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Muhammad Nasril di Banda Aceh, Selasa 13 Agustus 2019 usai menerima laporan dari petugas Kloter 8, H. Rusli, yang mendampingi jemaah Aceh.

Pelemparan jamarat untuk hari ketiga dijadwalkan akan berlangsung bakda zuhur dan juga ada pagi. Dikatakan Nasril, secara umum, khususnya JCH Aceh dalam keadaan sehat dan aman. Sebagian jemaah yang sudah melakukan pelemparan jamarat, saat ini sedang istirahat di tenda memulihkan kondisi fisik.

“Alhamdulillah JCH Aceh dalam keadaan sehat walafiat. Pantauan petugas di posko ada beberapa orang yang batuk dan flu. Bakda zuhur nanti mereka akan melontar jamarat untuk hari ketiga,” ujarnya.

Nasril mengatakan, keluhan jemaah Aceh yang mendominasi saat ini hanya lemas akibat kelelahan fisik pasca kembali dari Jamarat. Yaitu seperti batuk, nyeri tenggorokan, dan pilek.

“Mereka yang telah kembali dari jemarat sekarang sedang istirahat untuk memulihkan kondisi badan. Istirahat cukup, makan dan minum yang baik. Mohon doanya untuk semua jemaah kita agar sehat dan menjadi haji mabrur,” ungkapnya.

Selain itu dia mengatakan, saat ini ada beberapa jemaah haji Aceh yang dirawat di RS Arab Saudi, KKHI Mekkah dan juga dirawat di tenda.

Diketahui pada Senin 12 Agustus 2019 siang kemarin, cuaca panas di Mina tiba-tiba berubah menjadi angin kencang disertai hujan deras hingga menjelang sore hari pukul 15.30 waktu setempat.

“Peristiwa itu banyak diabadikan dan disebar ke media sosial jamaah haji seluruh dunia karena iklim ekstrim yang terjadi saat suasana terik panas matahari berubah menjadi hujan dan angin,” pungkasnya. (ASM)

Shares: