News

Hujan Lagi, Warga Banda Aceh Diharap Waspadai Banjir

Hujan lebat berpotensi terjadi disebagian wilayah Aceh
Ilustrasi hujan (popularitas/Dani)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Hujan kembali mengguyur Kota Banda Aceh sejak tadi pagi, Sabtu, 9 Mei 2020. Untuk itu, warga tetap diminta waspada terkait naiknya air luapan sungai.

Sebelumnya, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengimbau agar masyarakat tetap waspada karena cuaca/alam sedang tidak bersahabat. “Hujan sudah dua hari tidak berhenti, ditambah lagi air pasang laut,” katanya kemarin, Jumat, 8 Mei 2020 saat memantau banjir di Neusu.

Menurutnya, tingginya curah hujan membuat sistem drainase tidak mampu menampung debit air. Krueng Aceh dan Krueng Daroy yang membelah kota juga meluap di beberapa titik. “Banjir ini akibat alam, melebihi kapasitas drainase kita.” Kata dia.

Berdasarkan hasil pemantauan, ia mengungkapkan hampir seluruh wilayah Banda Aceh kemarin dilanda banjir, “Dengan ketinggian 0,5 meter sampai dengan satu meter. Harapan kita semoga hujan cepat mereda termasuk di daerah hulu sungai agar banjir tidak semakin parah,” ujarnya.

Aminullah juga mengimbau warga agar tidak membuang sampah ke selokan dan sungai, karena hal itu dapat menyumbat aliran air dan memperparah banjir. “Ingat juga ini masih masa Covid-19. Tetap pakai masker, jaga jarak, dan tidak perlu kumpul-kumpul,” katanya.

Aminullah memanggil para Kepala SKPK terkait dan seluruh camat untuk memberi arahan. “Agar setiap gampong dibentuk tim siaga bencana dan menetapkan tempat pengungsian serta memberdayakan dapur umum,” katanya. (dani/rel)

Shares: