News

IKAMAT Pamer Manuskrip Sejarah Aceh-Turki di Istanbul

Pameran manuskrip dan korespondensi sejarah Aceh-Turki di Istanbul Turki. (ANTARA)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Ikatan Masyarakat Aceh-Turki (IKAMAT) menggelar pameran manuskrip dan surat korespondensi Aceh dan Turki di Marmara University Faculty of Theology di Istanbul Turki, dalam mempromosikan sejarah kedua kerajaan tersebut.

Ketua IKAMAT Muhammad Haykal mengatakan kegiatan itu menampilkan display yang menjelaskan tentang sejarah Kesultanan Aceh serta sejarah hubungan Aceh Darussalam – Turki Usmani dalam bahasa Turki, yang bersumber dari Museum Aceh dan telah diterjemahkan pihaknya.

“Kita juga menampilkan manuskrip dan dokumen korespondensi yang mana dulu di kirimkan oleh pihak Kesultanan Aceh kepada Pemerintah Ottoman. Dokumen itu bersumber dari Badan Arsip Negara Turki dan hingga sekarang naskah aslinya masih tersimpan disana,” katanya, Senin, 23 Desember 2019.

Dia menjelaskan kegiatan itu berlangsung dua hari, menurutnya pengunjung sangat antusias dengan kegiatan tersebut. Selama di Turki, masyarakat Aceh akan terus menyampaikan informasi tentang sejarah hubungan dua kerajaan tersebut pada masa lampau ke masyarakat Turki.

“Salah satunya dengan menampilkan manuskrip yang mana bisa di jadikan sebagai bukti otentik sejarah,” katanya.

Lebih lanjut, kata dia, kegiatan tersebut berlangsung juga berkat dukungan dari Marmara University sebagai penyedia fasilitas tempat kegiatan dan Pusat Penelitian Dunia Melayu OSMAD, dan Fatih Sultan Mehmet University.

Kata dia, Ikamat akan melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut di berbagai kota seantero Turki. Mereka tengah jajaki kerjasama dengan kampus seperti Istanbul University, Fatih Sultan Mehmet Vakf University, dan lainnya.

“Kita menginginkan agar pameran seperti ini dapat dilanjutkan dalam konteks bergilir bertajuk road show of the Ottoman-Aceh manuscript exhibitons,” katanya. (ANT)

Shares: