News

Info cuaca hari ini : Banda Aceh berawan

ibit siklon tropis, Banda Aceh berpotensi cerah berawan
Ilustrasi, cuaca cerah berawan. FOTO : Foto: Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Cuaca di Banda Aceh, Minggu (21/1/2024) diprakirakan berawan. Sementara, kota-kota besar lainnya diprediksi hujan dengan intesitas ringan hingga hujan deras disertai petir.

Selain kota Banda Aceh, wilayah yang juga diprakirakan berawan adalah, Medan, Pekanbaru, Padang, Jambi, DKI Jakarta, Surabaya, Pontianak, dan Tarakan.

Adapun sejumlah wilayah seperti Tanjung Pinang, Bengkulu, Bandar Lampung, Semarang, Denpasar, Palangkaraya, Samarinda, Gorontalo, dan Mamuju diprakirakan bakal diliputi awan, serta Ambon dengan awan yang lebih tebal.

Sementara, laman resmi BMKG menyebutkan bahwa, hujan ringan bakal meliputi sejumlah wilayah seperti Palembang, Pangkal Pinang, Serang, Bandung, Mataram, Kupang, Ternate, Kendari, Manokwari, dan Jayapura.

Kemudian hujan dengan intensitas sedang diprakirakan bakal terjadi di Yogyakarta, Makassar, dan Manado dengan suhu udara berkisar antara 23-31 derajat celsius. Sedangkan hujan dengan petir diprakirakan terjadi di Kota Banjarmasin.

Sebelumnya, BMKG menyampaikan Siklon Tropis Anggrek bergerak menjauhi wilayah Indonesia dan telah berada di luar wilayah tanggung jawab Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta. “Siklon Tropis Anggrek menjauhi wilayah Indonesia dan telah berada di luar wilayah tanggung jawab TCWC Jakarta,” kata Deputi Meteorologi BMKG Guswanto (20/1).

Ia mengemukakan Siklon Tropis Anggrek terpantau berada di Samudera Hindia barat daya Bengkulu, dengan kecepatan angin maksimum 50 knot dan tekanan udara minimum kisaran 990 hPa bergerak ke arah barat-barat laut.

Dia menambahkan, intensitas siklon tropis itu diperkirakan mulai melemah dari kategori dua menjadi kategori satu dalam 24 jam ke depan.

Guswanto mengatakan dampak Siklon Tropis Anggrek itu memicu gelombang laut tinggi di kisaran 1,25-2,5 meter di Samudera Hindia barat Sumatera, perairan barat Sumatera, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah, dan Samudera Hindia selatan Banten hingga Jawa Tengah.*

Shares: