NewsTeknologi

Ini Deretan Calon Fitur Keren di WhatsApp

WhatsApp Nantinya Bisa Aktif di Dua Perangkat

(popularitas.com) – Aplikasi messaging populer WhatsApp belakangan selalu rajin memberikan fitur-fitur baru bagi penggunanya yang sudah mencapai lebih dari 2 miliar di seluruh dunia.

Belum lama ini, WhatsApp telah resmi merilis sejumlah fitur baru seperti stiker animasi, kode QR, mode gelap untuk versi website dan desktop, dan banyak lainnya.

Dilansir The Indian Express, berikut ada 5 fitur baru WhatsApp yang kemungkinan bakal segera diluncurkan, beberapa di antaranya mungkin telah dinantikan banyak pengguna.

Dukungan Multi Perangkat (Multi-device support)

WhatsApp belum lama ini dilaporkan telah mengerjakan fitur untuk dukungan multi perangkat. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengakses WhatsApp di beberapa perangkat dengan satu akun.

Dengan fitur Perangkat Tertaut ini, WhatsApp juga akan meluncurkan fitur sinkronisasi riwayat obrolan untuk menyalin semua obrolan dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Setelah pencluruan fitur ini, koneksi internet di perangkat pengguna tidak perlu lagi untuk menggunakan WhatsApp Desktop.

Lalu pesan akan dikirimakn ke semua perangkat pengguna, karena semua riwyat obrolan akan selalu disinkronkan di seluruh platform. Setela pengguna menghapus perangkat dari jaringan perangkat yang ditautkan, maka kunci ekspris akan berubah dan semua orborlan aktif akan diberi tahu.

Pesan yang Hilang (Disappearing Chat)

Semua layanan aplikasi milik Facebook termasuk WhatsApp dan Instagram telah meniru fitur ‘Disappearing Stories’ milik Snapchat.

Oleh Facebook fitur tersebut kemungkinakan akan diaplikasikan di WhatsApp yang dinamai ‘Disappearing Chat’ di mana kemampuan ini akan membuat pesan hilang saat pengguna telah melihatnya.

Namun menurut WABetaInfo, tidak seperti Snapchat, pengguna WhatsApp akan memiliki opsi untuk menetapkan batas waktu untuk fitur ini

Browser web dalam Aplikasi (In-app web browser)

WhatsApp kabarnya akan menambahkan browser dalam aplikasi ke aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat membuat tautan apapun di dalam tanpa harus meninggalkan aplikasi WhatsApp.

Menurut WABetaInfo, fitur tersebut saat ini sedang dalam tahap pengembangan alpha dan kemungkinkan memerlukan waktu lebih lama untuk dapat tersedia di perangkat.

Fitur baru ini akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memuat artikel atau konten apapun yang dibagikan melalui tautan.

Kontrol penyimpanan (Storage control)

Saat ini, semua yang pengguna dapatkan di WhatsApp dapat disimpan dalam satu folder di perangkat. Untuk menghapusnya, pengguna masih harus memilih setiap pesan dan menghapusnya.

Untuk menghapus secara massal pengguna tetap memilih pesan atau hanya menghapus seluruh folder.

Menurut WABetaInfo, WhatsApp ingin memberikan penggunanya kemudahan dan kontrol lebih besar atas opsi penyimpanan sebagai bagian dari desain baru. Pembaruan ini akan memungkinkan pengguna untuk mengelola pesan mereka dan mengobrol secara rinci melalui bagian baru di dalam aplikasi.

Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp dapat mencari informasi di situs internet dari pesan yang telah diteruskan (forward) yang dinamai ‘search on web’ untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan terhindar dari hoax.

Dengan adanya fitur tersebut, pengguna dimudahkan untuk dapat langsung memverifikasi pesan yang mereka dapatkan secara mandiri melalui pencarian di mesin Google.

Dilansir dari XDA-Developers fitur ‘search on web’ sudah mulai tersedia hari ini namun baru untuk beberapa negara seperti Brasil, Italia, Irlandia, Meksiko, Spanyol, Inggris dan Amerika Serikat. Fitur ini akan tersedia di semua platform dari Android, iOS dan WhatsApp Web.

Sumber: detik

Shares: