Ini Tiga Spek Kapal Ferry Ro-Ro Baru Milik Aceh

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Nova Iriansyah akan melakukan keel laying tiga unit kapal ferry milik Pemerintah Aceh di Bangkalan Jawa Timur, Senin, 21 Oktober 2019. Lokasi ini merupakan tempat pembangunan kontruksi ketiga kapal milik pemerintah Aceh tersebut.

Ketiga ferry yang diberinama Aceh Hebat 1, Aceh Hebat 2, dan Aceh Hebat 3 tersebut masing-masing akan dioperasikan untuk pengangkutan lintas Ulee Lheue-Balohan, lintas Singkil-Pulau Banyak, dan pengangkutan laut ke Simeulue.

Baca: Plt Gubernur Aceh Keel Laying Tiga Unit Kapal Ferry

Ada tiga tipe kapasitas kapal ferry milik Aceh yang bakal dibuat di galangan tersebut. Pertama Kapal Ferry Ro-Ro kapasitas 1.300 GT, kemudian kapasitas 1.100 GT, dan terakhir 600 GT.

Informasi yang diterima dari Biro Humas Pemerintah Aceh menyebutkan untuk Ferry Ro-Ro Type 1300 GT merupakan kapal baja penyeberangan. Selain untuk mengangkut penumpang, kapal ini juga bisa dipergunakan untuk mengangkut kendaraan dengan rincian 12 unit truk besar kapasitas 10 ton, 13 unit truk sedang kapasitas 8 ton, dan sedan 8 unit.

Ferry Ro-Ro GT 1300 yang dirakit oleh PT Multi Ocean Shipyard ini juga mampu memuat 250 penumpang.

Sementara Ferry Ro-Ro GT 1100 yang dirakit PT Adiluhung Saranasegara Indonesia juga tipe angkutan laut untuk jenis penumpang dan barang. Kapal ini memuat 252 orang penumpang ditambah 20 ABK. Kapal yang dilengkapi dengan navigasi dan komunikasi teranyar ini juga mampu memuat truk 18 unit kapasitas 8 ton, dan 8 unit sedan.

Terakhir Ferry Ro-Ro type 600 GT yang dikerjakan oleh PT Citra Bahari Shipyard memiliki kapasitas muatan untuk 212 penumpang plus ABK 20 orang. Kapal ini juga mampu mengangkut 15 unit truk bermuatan 8 ton, dan sedan 6 unit.

Berikut spek lengkap tiga kapal ferry Ro-Ro milik Pemerintah Aceh:

 

* (BNA)

Comments
Loading...