News

IPP Polresta Banda Aceh 2024 meningkat berdasarkan hasil survey

IPP Polresta Banda Aceh 2024 meningkat berdasarkan hasil survey

POPULARITAS.COM – Indeks Performa Kepolisian (IPP) Polresta Banda Aceh tahun 2024 meningkat. Hal tersebut didasarkan pada hasil survey yang dilakukan oleh Pusat Riset Komunikasi Pemasaran, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kita Kreatif) Universitas Syiah Kuala (USK).

Ketua Tim Peneliti lembaga tersebut, T Meldi Kesuma mengatakan, pada awal 2023 IPP Polresta Banda berada pada ketegori sedang dengan nilai 5,53. Selanjutnya, diakhir tahun yang sama, meningkat menjadi 7,72.

Nah, saat ini, di Mei 2024, IPP Polresta Banda Aceh sudah berada pada angka 8,82  atau kategori baik dalam rentang skala 1-10. “Ada peningkatan IPP Polresta Banda Aceh dari waktu ke waktu,” katanya, Kamis (23/5/2024) dikutip dari laman Antara.

Meldi menjelaskan, aspek penting yang berkontribusi pada peningkatan performa antara lain penggunaan peralatan memadai, empati terhadap hak masyarakat, pendekatan humanis, motivasi dan pelatihan petugas, serta diperlihatkannya netralitas Polri dalam pengamanan sebagai aspek paling signifikan.

“Berdasarkan analisis jalur menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) memperlihatkan seluruh variabel memiliki jalur yang positif dan signifikan pada tingkat kepercayaan 99 persen,” ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa survei ini melibatkan 1.812 responden dari berbagai gampong di wilayah hukum Polresta Banda Aceh dengan teknik pengambilan sampel menggunakan power analysis.

“Hasil survei ini mencerminkan peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Polresta Banda Aceh yang patut diapresiasi sebagai upaya berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian,” kata Meldi.

Sementara itu, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli, menyampaikan aspek yang dianggap penting dan menentukan bagi pencapaian performa Polresta Banda Aceh adalah penggunaan peralatan dan perlengkapan yang memadai dalam patroli rutin maupun kegiatan pengamanan pemilu 2024 pada dimensi bukti fisik.

“Empati terhadap hak masyarakat dalam memperoleh jaminan keamanan dan ketertiban dalam pemilu 2024, dan pendekatan humanis oleh Polresta Banda Aceh juga menjadi dua aspek yang dominan dalam dimensi empati,” katanya.

Seluruh aspek tugas pokok polri dalam dimensi jaminan dianggap relatif penting tanpa perbedaan mencolok di antara ketiganya. Dalam dimensi keandalan, motivasi petugas kepolisian dan terlatihnya mereka dalam melaksanakan tugas menjadi aspek yang penting.

Kemudian, upaya Polresta Banda Aceh “menjemput bola” dalam memperoleh laporan masyarakat serta keseriusan petugas menanggapi setiap laporan tersebut merupakan dua aspek dominan pada dimensi daya tanggap.

Laporan yang dimaksud dilihat dari pelaporan masyarakat melalui WhatsApp Saleum Rakan Kapolresta Banda Aceh dengan nomor 082316851998. Hal ini langsung dilakukan “jemput bola” dalam menangani permasalahan yang diadukan oleh warga. “Namun demikian, aspek terpenting dan signifikan dari seluruh aspek yang ada pada semua dimensi adalah diperlihatkannya netralitas polri dalam kegiatan patroli maupun pengamanan oleh Polresta Banda Aceh, yang merupakan bagian dari dimensi kepatuhan,” demikian Kombes Pol Fahmi.

Shares: