News

Jadi khatib di Unmuha, Aslam Nur sampaikan tiga makna hari raya Idulfitri

Warga persyarikatan Muhammadiyah saat melaksanakan shalat Idul Fitri di kampus Unmuha, di Banda Aceh, Jumat (21/4/2023). (ANTARA/Nurul Hasanah)

POPULARITAS.COM – Ratusan warga persyarikatan Muhammadiyah melangsungkan salat Idulfitri dengan kekhusyukan di lapangan parkir tengah Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) di Banda Aceh.

Salat Id di Unmuha itu, Jumat (21/4/2023), dipimpin oleh Ustaz T Muammar Tillah. Adapun Rektor Unmuha Aslam Nur bertindak sebagai khatib untuk memberikan ceramah kepada jemaah Id Fitri umat Muhammadiyah.

Rektor Unmuha, Aslam Nur dalam ceramahnya menyampaikan para jemaah yang melaksanakan salat Id untuk merayakan momen kemenangan ini dengan mempererat tali silaturrahmi.

Di mana, terdapat tiga makna hari Raya Idulfitri yakni merayakan kemenangan setelah berjuang menahan nafsu, berjihad mengabdi kepada Allah yang kedua ajang mempererat silaturahim.

“Dan yang terakhir, ketiga itu Idulfitri adalah satu momen melangkah ke depan dari Syawal hingga ke Syaban,” kata Aslam Nur.

Usai salat Id itu dilaksanakan, ratusan jemaah tersebut saling menyalami para jamaah lainnya seraya mengucapkan ucapan selamat hari raya dan permohonan maaf untuk mempererat lagi hubungan keakraban.

Sebagaimana diketahui, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan Idulfitri jatuh pada Jumat 21 April 2023. Lebih awal sehari dibandingkan keputusan sidang isbat oleh Pemerintah melalui Kemenag yang menyatakan lebaran tahun ini jatuh pada 22 April 2023.

Sebagai informasi, adapun sejumlah lokasi lainnya yang menjadi tempat pelaksanaan shalat Id Muhammadiyah di Banda Aceh yakni di Lapangan Parkir Universitas Muhammadiyah Aceh, di Masjid Taqwa Muhammadiyah Desa Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, dan di Masjid Taqwa Gampong Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya.

Shares: