NewsPolitik

Jurnalis dinilai punya peran penting awasi Pemilu 2024

Jurnalis dinilai punya peran penting awasi Pemilu 2024
Ilustrasi pengawasan pemilu. Foto: Suara Merdeka

POPULARITAS.COM – Selain Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih), para jurnalis juga dinilai memiliki peran penting dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024.

Oleh karena itu, Panwaslih Provinsi Aceh meminta para awak media itu ikut berperan aktif mengawasi pelaksanaan pesta demokrasi 2024.

Hal itu disampaikan Kabag Pengawasan dan Humas Panwaslih Aceh, Yudi Ferdiansyah saat diskusi bersama para jurnalis di Banda Aceh, Kamis (30/3/2023).

“Pengawasan Pemilu ini bukan semata-mata tugas Panwaslih atau Bawaslu, tetapi kewajiban bagi teman-teman semua,” kata Yudi.

Selain Panwaslih dan media, Yudi menyampaikan bahwa seluruh komponen masyarakat juga memiliki peranan penting dalam mengawasi pesta demokrasi tahun 2024 mendatang.

Oleh karena itu, kata Yudi, Panwaslih Aceh terus melakukan sosialisasi kepada seluruh stakholder, seperti sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan yang sama, Yudi menambahkan bahwa Panwaslih Aceh secara konsisten melakukan pengawasan sesuai tugas dan fungsinya sejak tahapan Pemilu 2024 dimulai.

“Tahapan Pemilu 2024 sudah berlangsung kurang lebih 9 bulan, selama 9 bulan lebih Panawaslih Aceh dan jajaran juga telah melakukan pengawasan-pengawasan tahapan pemilu tersebut,” sebut Yudi.

Shares: