HeadlineNews

Kadin Aceh Dukung Erick Thohir Menteri BUMN

Ketua Kadin Aceh, Makmur Budiman, SE | Foto: Boy Nashruddin Agus

BANDA ACEH (popularitas.com) – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh, Makmur Budiman, mendukung Presiden Joko Widodo yang memilih Erick Thohir sebagai Menteri BUMN.

Menurut Makmur, penempatan Erick Thohir pada pos Menteri BUMN membawa harapan baru dan angin segar terhadap para pelaku usaha di tanah air.

Dia menilai kepemimpinan Erick di BUMN bakal memberikan perubahan fundamental pada paradigma bisnis perusahaan milik negara di negeri ini.

Reformasi di tubuh BUMN, kata Makmur, harus menjadi agenda kerja Erick Thohir, terutama terkait dengan bisnis, yakni agar perusahaan negara tidak melahirkan banyak anak usaha yang mengurusi perpanjangtanganan usaha milik negara.

Menurut Makmur, semestinya upaya BUMN melahirkan anak perusahaan dibatasi. Mengingat, hal tersebut seharusnya dapat diserahkan pada kalangan pengusaha guna menumbuhkan semangat kewirausahaan.

“Sudah semestinya upaya BUMN melahirkan anak perusahaan dibatasi dan menyerahkan urusan tersebut kepada para pengusaha dan sektor IKM dan UMKM,” tukasnya.

Dengan pembatasan anak perusahaan BUMN dan memberikan kesempatan hilirisasi usaha kepada pengusaha IKM dan UMKM, dinilai sejalan dengan semangat Presiden Joko Widodo saat pelantikan para pembantunya pada Kabinet Indonesia Kerja.

“Presiden kan ingin IKM tumbuh, dan BUMN harus melahirkan banyak pengusaha industri kecil, bukan justru membangun anak perusahaan sendiri,” terangnya.* (SKY)

Shares: