News

Kadisdik Aceh: GEMAS Bertujuan Melindungi Masyarakat dari Ancaman Covid-19

Cabdin Aceh Jaya Telah Salurkan Masker untuk Siswa Cegah Covid-19
Pemerintah Aceh menyerahkan masker ke sejumlah sekolah di Aceh. Ist

– Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs H Rachmat Fitri HD, MPA mengatakan Gerakan Gebrak Masker Aceh (GEMA) bertujuan untuk menyosialisasikan pentingnya penggunaan masker untuk melindungi masyarakat dari ancaman Covid-19.

Kemudian menyusul Gerakan Nakes Cegah Covid-19 (GENCAR) yang fokus untuk mendukung sistem kerja tenaga Kesehatan dalam pemulihan dan penanganan pasien Covid-19.

“Alhamdulillah, semua gerakan ini telah memberi hasil menggembirakan, tentunya atas dukungan Bapak Bupati Aceh Timur, Bapak Kapolres, Bapak Dandim dan Jajarannya, memasuki bulan November ini, penambahan jumlah pasien positif Covid-19 di Aceh terus berkurang,” kata Haji Nanda sapaan akrab Kadisdik Aceh.

Meski demikian, sebutnya, upaya pencegahan ini tidak boleh berpuas diri. Terobosan baru harus terus dilakukan untuk bisa menekan dampak Covid-19 hingga ke titik terendah. Salah satu terobosan itu adalah menjalankan Gerakan Masker Sekolah (GEMAS).

“Kegiatan ini akan menyasar dunia pendidikan, khususnya pelajar dan guru di seluruh Aceh. Apalagi direncanakan sistem belajar tatap muka akan dimulai Januari 2021 mendatang,” terangnya.

Kadisdik Aceh menjelaskan tujuan kegiatan GEMAS untuk pembelajaran tentang pencegahan Covid-19 melalui Wali Kelas dengan modul yang sama, dan praktek penggunaan masker kepada siswa dan siswi oleh Wali Kelas.

“Menyangkut hal ini sudah dilakukan sosialisasi dan pembekalan sejak 23 hingga 24 November 2020 kepada seluruh kepala sekolah dan guru, melalui Vidcon 7 (tujuh) angkatan,” terangnya. [adv]

Shares: