News

Kakankemenag Singkil minta jajaran KUA berikan layanan terbaik untuk masyarakat

Kakankemenag Aceh Singkil, Saifuddin saat silaturahim dan antar tugas 4 Kepala KUA yang baru dilantik, Senin (24/7/2023). Foto: Kemenag Aceh Singkil

POPULARITAS.COM – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Aceh Singkil, Saifuddin mengingatkan jajaran KUA di daerah itu untuk melayani masyarakat dengan optimal.

Hal ini disampaikan Saifuddin saat silaturahim dan antar tugas 4 Kepala KUA Kecamatan yang baru dilantik di Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil, Senin (24/7/2023).

“Jangan biarkan masyarakat menunggu lama apalagi harus kembali esoknya hanya untuk mengurus surat yang dapat diselesaikan segera, seperti masalah stempel dan legalisir buku nikah. Kalau sudah sesuai tuntaskan segera,” ujarnya.

Saifuddin mengatakan, sebagai ujung tombak Kementerian Agama, pegawai KUA harus saling membantu dan saling berkoordinasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Menurutnya, pelayanan terbaik itu ramah, cepat dan tepat sesuai dengan standar operasional yang telah ada. Artinya tidak ada keluhan dari yang dilayani.

“Jangan ada sentimen sesama ASN di lingkungan KUA. Jalin komunikasi dan lakukan tugas sebaiknya, agar masyarakat puas dengan pelayanan Kemenag, kalau ada rotasi ke tempat yang lain, itu biasa, jalankan tugas dengan baik, ini amanah, jangan mencari dukungan ke sana kemari,” ungkapnya lagi.

Ia juga meminta jajaran KUA untuk menertibkan semua administrasi dan laporan, terutama administrasi pencatatan nikah, baik mengenai status calon pengantin maupun wali nikah. Begitu juga dengan tugas-tugas lainnya yang ada di KUA.

Ia kembali mengingatkan tidak boleh ada pungutan liar dan mal administrasi di KUA.

“Bina kawan-kawan di KUA agar melayani masyarakat secara maksimal. Kami tidak mau dengar lagi operator yang abai pelayanan,” ungkapnya.

Selain itu, hari ini Selasa 25 Juli 2023 Saifuddin bersama Kasubbag TU Jamhuri, Kasi Bimas Hendra Sudirman dan sejumlah ASN lainnya meninjau progres pembangunan gedung baru KUA Kecamatan Kuala Baru.

Saat ini, KUA tersebut dipimpin Khairudin yang baru dilantik beberapa waktu lalu.

Ia berharap dengan sejumlah pengalaman di beberapa KUA sebelumnya, Khairudin dapat menjalankan amanah dengan baik, melayani masyarakat kecamatan Kula Baru dengan prima dan penuh inovasi.

Shares: