News

Kalak BPBA: Masyarakat Bersiap untuk New Normal Selama Covid-19

Kalak BPBA: Masyarakat Bersiap untuk New Normal Selama Covid-19
Dokumentasi - Tim dokter melakukan pemeriksaan awal pada pasien di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet, Jakarta, Sabtu (28/3/2020). (ANTARA/HO/Tim Kesehatan Kogasgabdap Wisma Atlet)

POPULARITAS.COM – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi mengatakan, selain bencana alam, pada bulan Oktober 2020 ini Aceh masih sangat disibukkan dengan adanya bencana wabah Covid-19, bencana non-alam yang menghantui seluruh masyarakat dunia dan Indonesia, terutama masyarakat Aceh.

Di Provinsi Aceh sendiri dari data terakhir tertanggal 1 November 2020 terkonfirmasi sudah ada 7.426 pasien positif covid-19, dengan total sembuh 5.560 orang, meninggal 272 orang, dan yang masih dirawat 1.504 orang. Dengan total Suspek sebanyak 3.707 orang dan probable sebanyak 608 orang.

Oleh karena itu, dengan semakin bertambahnya jumlah pasien positif Covid-19 di Nanggroe Aceh ini. Ia meminta masyarakat untuk tetap tenang, tidak panik, dan tetap produktif dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap Virus Corona. Selain itu masyarakat juga perlu menerapkan perilaku social distancing demi menghambat penyebaran virus asal Huwan, China itu.

Katanya, Pemerintah Aceh juga telah mengimbau agar masyarakat bersiap untuk new normal alias hidup “berdampingan” dengan Covid-19 sambil menjalani aktivitas seperti biasa.

“Namun, tetap ada batasan-batasannya,” kata Sunawardi, Senin (2/11/2020) melalui keterangan tertulis.

Menurutnya, sejak pandemi Covid-19 muncul, hampir semua orang mengalami kendala untuk menjalani kehidupan normal akibat pembatasan yang perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona.

Namun, dengan usainya pembatasan tersebut, pemerintah menganjurkan untuk mulai melakukan kegiatan seperti biasa, tentunya sambil mematuhi protokol pencegahan Covid-19.

“Hal ini mendorong kita untuk lebih gencar dalam menerapkan langkah pencegahan dasar Covid-19, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer, tidak menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci, menerapkan physical distancing, serta mengenakan masker dalam setiap aktivitas, terutama di tempat umum,” tutupnya.[]

Editor: Acal

Shares: