HeadlineNews

Kecelakaan, Siswi SMA 1 Lampeuneurut Pakai Kursi Roda Ikut UNBK

Seorang siswi SMA 1 Lampeuneurut terpaksa berkursi roda demi mengikuti UNBK | Foto Al Asmunda

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pelaksaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA 1 Lampeuneurut sedikit berbeda bagi Mawaddah Warahmah. Siswi asal Gampong Lamcot, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar ini terpaksa mengikuti ujian di atas kursi roda akibat beberapa waktu lalu mengalami kecelakaan bermotor.

“Tertabrak dengan mobil,” terangnya, Senin, 1 April 2019.

Persiapan mengikuti UNBK sudah jauh-jauh hari dilakukan Mawaddah. Sekalipun kondisi tubuhnya yang belum pulih betul, akan tetapi dirinya mengatakan sudah siap mengikuti ujian.

“Di rumah belajar juga sambil tiduran. Insyaallah udah siap ikut ujian,” paparnya.

Beberapa hari sebelumnya, pihak sekolah mendatangi rumah Mawaddah untuk menanyakan kesiapannya menjalani ujian. Pihak sekolah juga sudah memberikan opsi ujian susulan kepada Mawaddah, atau ikut ujian di rumah.

“Dia semangat ingin ikut di sekolah juga,” kata Kepala SMA 1 Lampeuneurut, Jamaluddin Fadhil.

Pihak sekolah kemudian memfasilitasi antar-jemput Mawaddah untuk mengikuti ujian di sekolah. Dari keterangan Jamaludin Fadhil, jumlah peserta UNBK di SMA 1 Lampeuneurut diikuti 186 orang siswa dan siswi.

“Alhamdulillah, hadir semua hari ini,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, mengatakan sebanyak 57.947 siswa SMA dan Madrasah Aliyah (MA) yang tersebar di 758 Satuan Pendidikan di Aceh mengikuti (UNBK) 2019.

Pelaksanaan UNBK SMA dan MA ini, ungkap Syaridin akan berlangsung selama empat hari. Dia juga menyebutkan, untuk menjaga pelaksanaan UNBK agar berjalan aman, institusinya telah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti kepolisian, Telkom, PLN serta Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh (Diskominsa).

“Untuk pelaksanaan UNBK SMA dan MA sudah siap digelar 100 persen. Hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak di Aceh, termasuk instansi terkait,” ujar Syaridin.

Kadisdik menilai, ada beberapa hal yang harus sukses dalam pelaksanaan UNBK Tahun 2019 yaitu, sukses pelaksanaannya yang meliputi terlaksananya UN dengan baik dan kredibilitasnya meningkat.

“Perolehan nilai harus mencapai standar yang diharapkan,” ujarnya. (ASM)

Shares: