News

Kemenag Aceh sambangi KUA percontohan di Yogyakarta

Kemenag Aceh sambangi KUA percontohan di Yogyakarta
Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh, Azhari melakukan kunjungan kerja ke KUA Sewon, Kabupaten Bantul, DIY Yogyakarta, Kamis (11/5/2023). Foto: Humas Kemenag Aceh

POPULARITAS.COM – Dalam upaya peningkatan layanan di Kantor Urusan Agama (KUA), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Aceh, Azhari melakukan kunjungan kerja ke KUA Sewon, Kabupaten Bantul, DIY Yogyakarta, Kamis (11/5/2023).

Dalam keterangannya, Jumat (12/5/2023), Azhari mengatakan, KUA Sewon merupakan salah satu KUA percontohan revitalisasi nasional tahun 2022.

Kunjungan ini, kata Azhari, sebagai upaya untuk mempelajari program yang dapat menunjang pelayanan di KUA dalam provinsi Aceh.

“Kunjungan ini dalam rangka mempercepat realiasasi program prioritas Menteri Agama terkait layanan keagamaan dan program KUA revitalisasi,” ujar Azhari.

“Salah satu kelebihan yang dimiliki KUA Sewon yakni pelayanan bimbingan perkawinan 100 persen kepada calon pengantin,” katanya lagi.

Azhari menegaskan, ada beberapa program unggulan di KUA Sewon yang dapat diterapkan di KUA dalam wilayah Aceh nantinya.

“Setelah kunjungan ini ada 5 KUA yang dapat diproyeksikan untuk KUA percontohan di Provinsi Aceh di tahun 2023 ini dan dipilih dari kabupaten/kota yang berbeda di wilayah barat, tengah dan timur Aceh, sehingga mudah ditiru olah KUA lainnya,” ujarnya.

Dalam kunjungannya tersebut, Azhari juga turut menyambangi Pusat Observasi Bulan Syeg Belabelu. Kakanwil berharap agar segera dibentuk jaringan observatorium se-Indonesia sehingga basis data hisab rukyat secara nasional dapat dilengkapi.

Sebagaimana diketahui Kanwil Kementerian Agama Aceh memiliki Observatorium Hilal Tgk Chiek Kuta Karang Lhoknga yang difungsikan untuk memantau hilal dan juga sebagai pusat edukasi falak di wilayah barat Indonesia.

Shares: