News

Kemendagri Surati Kepala Daerah Alokasikan Anggaran Untuk Pilkada 2024

Ilustrasi Pilkada. (Foto: Antara)

POPULARITAS.COM – Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) menyurati seluruh kepala daerah dan pimpinan DPRD agar mengalokasikan anggaran untuk mensukseskan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024.

Dari surat yang bernomor 30/3037/Polpem terkait dukungan anggaran sukses pemilu dan pilkada tahun 2024 itu, juga ditandatangani oleh Direktur jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar.

Dalam surat tersebut dijelaskan, dalam rangka mendukung sukses pemilu dan pilkada tahun 2024, yang tahapannya sudah dimulai pada tahun 2022, kepala daerah dan DPRD untuk menyediakan alokasi anggaran yang memadai.

“Bersama ini disampaikan kepada saudara untuk menyediakan alokasi anggaran yang memadai tahun anggaran 2022 – 2025 pada organisasi perangkat daerah yang melaksanakan urusan kesatuan bangsa dan politik daerah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dan memelihara stabilitas politik dalam negeri,” kata Bahtiar dalam surat tersebut, yang dikutip popularitas.com, Rabu (2/6/2021).

Adapun program dan kegiatan yang di maksud ialah berhubungan dengan pendidikan politik bagi partai politik dan masyarakat,, pembinaan forum kerukunan umat beragama, gerakan kemitraan bersama organisasi kemasyarakatan sipil dan perguruan tinggi melaksanakan pemilu serentah tahun 2024.

Kemudian diperuntukkan melalui program pembinaan forkopimda dan forkopimcam, pembumian nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan bagi masyarakat mendukung pemilu serentak dan pilkada serentak tahun 2024.

Kemudian untuk forum komunikasi sosial dan politik dalam rangka cipta kondisi sukses pemilu serentak 2024. Pembentukan dan operasionalisasi tim pemantauan, dan monev penyelenggaran dan tahapan pemilu serentak 2024. Penguatan iklan layanan pendidikan politik

Pembinaan karya seni dan budaya sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa dalam mendukung pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024.

Shares: