News

Kemenhub Umumkan Tender Pengadaan Kapal Ro-ro Sumber Dana APBA 2019

Ilustrasi | bidikdata.com

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pemerintah Aceh telah mengalihkan empat item tender kapal bersumber dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2019 ke Kementerian Perhubungan. Keempat item tersebut kini telah tayang di laman tender pekerjaan konstruksi LPSE Kemenhub sejak Kamis, 4 Juli 2019.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan popularitas.com, diketahui keempat item ini dimasukkan dalam poin 14 hingga 16 di tender pekerjaan kontruksi tersebut.

Adapun HPS tender pembangunan kapal Ro-ro Lintasan Pantai Barat-Simeulue (kontrak tahun Jamak) senilai Rp 74,8 Miliar. Selanjutnya, HPS tender Pembangunan Kapal Ro-ro Lintasan Singkil – Pulau Banyak (Kontrak Tahun Jamak) senilai Rp38,8 miliar. Terakhir, HPS tender Pembangunan Kapal Ro-ro Untuk Lintasan Ulee Lheue-Balohan (Kontrak Tahun Jamak) senilai Rp60 miliar.

Berdasarkan laman LPSE Kemenhub diketahui batas akhir pendaftaran untuk tiga item tersebut tercantum 9 Juli 2019. Sementara pendaftaran tender satu item lainnya, Pengadaan Kapal Cepat/Speed Boat Untuk Pengawasan Operasional Pelayaran dengan HPS senilai Rp3,9 miliar berakhir pada Jumat, 5 Juli 2019. (Selengkapnya cek di LPSE Kemenhub)

Diketahui, Pemerintah Aceh, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) telah mengalokasikan anggaran senilai Rp124 miliar lebih untuk jenis kapal penumpang Roro.

Nilai anggaran tersebut, direncakan untuk membeli tiga unit kapal, yang akan melayani rute Banda Aceh-Sabang-Banda Aceh, Singkil-Simelue, dan Tapaktuan. Proses lelang kapal ini dilaksanakan tahun jamak atau dua tahun, dan diharapkan pada 2020 pembuatan kapal sudah rampung.

“Prinsipnya, kita ingin yang terbaik untuk kapal ini, dan hal tersebut jadi pertimbangan pengalihan tender,” kata Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Rabu, 26 Juni 2019 lalu.*(RED)

Shares: