News

Kerugian banjir Aceh Utara Rp400 miliar

Banjir di Aceh Utara yang terjadi pekan lalu, hancurkan sejumlah fasilitas umum, sarana pertanian, dan juga perikanan di daerah itu. Tidak hanya itu saja, dampak air bah itu juga turut kerusakan ribuan rumah milik warga.
Banjir di Aceh Utara berangsur surut
Seorang anak duduk di depan rumahnya yang tergenang akibat banjir di Desa Mancang, Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, Senin (10/10/2022). (ANTARA FOTO/RAHMAD)

POPULARITAS.COMBanjir di Aceh Utara yang terjadi pekan lalu, hancurkan sejumlah fasilitas umum, sarana pertanian, dan juga perikanan di daerah itu. Tidak hanya itu saja, dampak air bah itu juga turut kerusakan ribuan rumah milik warga.

Penjabat Bupati Aceh Utara, Azwardi Abdullah menerangkan, pihaknya memperkirakan kerugian banjir capai Rp400 miliar, dan untuk itu dibutuhkan penanganan khusus untuk atasi dampak kerugian pasca banjir.

Saat berbicara dalam Rapat kordinasi penanganan stunting, dan kemiskinan ekstrem di Anjong Mon Mata Banda Aceh, Kamis (13/10/2022), Azwardi Abdullah kembali menekankan pentingnya penanganan pasca banjir. Sebab kehancuran yang disebabkan oleh air bah itu telah meluluhlantakkan banyak sektor, baik pertanian, dan perikanan, yang selama ini menjadi mata pencaharian utama warga di Aceh Utara.

Jika tidak ada penanganan secara serius, pihaknya khawatir hal tersebut akan memberi dampak besar terhadap meningkatnya angka kemiskinan di Aceh Utara akibat hancurnya prasarana dan sarana sektor pertanian dan perikanan yang menjadi sumber pendapatan masyarakat.

Pemkab Aceh Utara juga meminta kepada Pemerintah Aceh dan pusat, untuk secara serius melihat fenomena banjir di daerahnya yang sudah merupakan bencana tahunan. Untuk itu, harus ada penanganan yang komprehensif, agar peristiwa serupa dapat diminimalisir kedepannya.

Shares: