News

Ketua Relawan Satgas SAR Aceh meninggal dunia usai menyelam di Pulo Tuan

Ketua Relawan Satgas SAR Aceh meninggal dunia saat menyelam di Pulo Tuan
Basarnas evakuasi korban di Pulo Tuan, Aceh Besar, Selasa (19/9/2023). Foto: Basarnas Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Ketua Relawan Satgas SAR Aceh, May Fendri (50) meninggal dunia sesaat setelah melakukan penyelaman di perairan Pulo Tuan, Kabupaten Aceh Besar, Selasa (19/9/2023).

Korban yang tercatat sebagai warga Tapak Tuan, Aceh Selatan itu menghembuskan nafas terakhir di RSUD Meuraxa, Banda Aceh sekitar pukul 14.15 WIB.

“Korban meninggal di rumah sakit,” jelas Kepala Basarnas Banda Aceh, AL Hussain dalam keterangannya, Selasa (19/9/2023).

Dia mengatakan, awalnya korban bersama lima rekannya pergi ke Pulau Tuan untuk melakukan penyelaman dalam rangka survei terumbu karang pada Selasa (19/9/2023).

Sekitar pukul 12.30 WIB, kata Al Hussain, rombongan tersebut melakukan penyelaman. Saat melakukan penyelaman tersebut terjadi trouble di dalam air yang mengakibatkan korban tidak sadarkan diri.

Selanjutnya rekan korban mengevakuasi korban dari kedalaman dan mencoba melakukan upaya pertolongan pertama terhadap korban sekaligus menghubungi Basarnas Banda Aceh untuk melakukan evakuasi.

Al Hussain menyebutkan, tim evakuasi pada pukul 13.30 WIB bergerak ke lokasi kejadian menggunakan 1 unit RIB.

Pukul 13.48 WIB, tambah dia, Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi korban dalam keadaan tidak sadarkan diri dari Pulau Tuan menuju pelabuhan Ulee Lheue.

“Selanjutnya korban dibawa menggunakan Ambulance ke RSUD Meuraxa. Pukul 14.15 WIB korban dinyatakan meninggal dunia oleh pihak rumah sakit,” ujarnya.

Shares: