Edukasi

Kiat sekolah di Banda Aceh hadapi cuaca panas 

Kiat sekolah di Banda Aceh hadapi cuaca panas 

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan bahwa, cuaca panas yang terjadi di sejumlah wilayah Aceh dan sebagian provinsi lain di Indonesia, bukan heatwave atau gelombang panas.

Sudah sepekan terakhir, cuaca panas terjadi di Banda Aceh. Suhu rata-rata capai 34,4 derajat celcius. Namun BMKG memastikan bahwa, dari data dan karakteristik panas yang terjadi, bisa dipastikan hal tersebut bukan heatwave.

Deputi Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangannya, Kamis (2/5/2024) mengatakan bahwa, jika menilik karateristik dan indikator statistik atas pengamatan suhu yang dilakukan pihaknya, maka cuaca panas yang terjadi disejumlah wilayah di Indonesia buka gelombang panas atau heatwave.

Dampak suhu panas tersebut, dirasakan benar oleh siswa sekolah dasar di Banda Aceh. Berbagai kiat dilakukan para guru agar para murid tetap bisa mengikuti kegiatan belajar.

Kepala Sekolah SDN 16 Banda Aceh, Sarniyati merasakan benar cuaca panas yang terjadi sepekan terakhir. Untuk mengatasi hal tersebut, pihak sekolah melakukan sejumlah langkah, seperti menyediakan air minum isi ulang dan juga membuka pelajaran diruang kelas.

Selain itu juga, seluruh pintu, jendela dan ruang sirkasi udara dibuka untuk memastikan aliran angin agar cuaca panas tidak berdampak pada siswa. “Inisiatif ini tidak hanya untuk memberikan kenyamanan selama jam belajar, tetapi juga untuk mengedukasi siswa tentang pentingnya beradaptasi dengan cuaca ekstrem seperti sekarang ini,” pungkasnya.

Shares: