News

Kloter pertama jemaah calon haji Aceh masuk asrama 23 Mei

Kloter pertama jemaah calon haji Aceh masuk asrama 23 Mei
Kepala UPT Asrama Haji Aceh, Ali Amran Abbas (kiri) saat meninjau fasilitas di asrama haji setempat, Jumat (5/5/2023). Foto: Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Menjelang penyelenggaraan ibadah haji tahun 1444 H/2023 M, Unit Pelaksana Tekis (UPT) Asrama Haji Embarkasi Aceh sudah merampungkan berbagai persiapan untuk menyambut kedatangan 4.393 jemaah calon haji Aceh sebelum bertolak ke Tanah Suci.

Kepala UPT Asrama Haji Aceh, Ali Amran Abbas menyebutkan, para jemaah kloter 1 dijadwalkan memasuki asrama pada 23 Mei 2023 dan berangkat ke Tanah Suci keesokan harinya melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar.

Jelang kedatangan tamu Allah itu, kata Ali, berbagai persiapan di Asrama Haji telah dirampungkan, seperti seperti aula kedatangan, aula pemberangkatan, ruang makan dan juga penginapan, begitu juga masjid dan halamannya

“Insya Allah sekarang sudah siap untuk menyambut kedatangan jemaah calon haji Aceh,” ujar Kepala UPT Asrama Haji Aceh, Ali Amran Abbas, Jumat (5/5/2023).

Ia menjelaskan, sebelum keberangkatan ke Tanah Suci, calon jemaah haji terlebih dahulu akan menginap di Asrama Haji Embarkasi Aceh.

Menurutnya, selama di Asrama Haji, jemaah akan melakukan pemeriksaan kesehatan, bimbingan manasik akhir, dan pengecekan dokumen lainnya.

“Tempat pemeriksaan kesehatan jemaah dan tempat untuk tim medis juga telah kita siapkan, bahkan tim KKP juga telah mengecek kelayakannya,” ungkapnya.

Pihak Asrama Haji akan berkoordinasi dengan jajaran Kanwil Kemenag Aceh dalam melayani para jemaah sejak memasuki embarkasi.

“Ikhtiar kita bersama untuk pelayanan terbaik kepada jemaah, kita terus berkoordinasi dengan Bapak Plt Kakanwil Kemenag Aceh dan jajaran,” katanya.

Ali Amran menyebutkan, Asrama Haji Aceh memiliki 147 kamar untuk menampung jemaah haji setiap kelompok terbang (kloter) di antaranya, 110 kamar tersebar di Gedung Muzdalifah dan Gedung Misfalah, ditambah 36 di Gedung A1.

“Kamar-kamar yang akan diisi calon jemaah juga sudah ready, tim teknisi kita selalu memantau dan memperbaiki kalau ada kamar yang bocor, AC tidak hidup, WC mandek, dan lainnya, ini selalu menjadi perhatian kita sejak awal,” ungkapnya.

Selain itu, Ali Amran mengatakan, khusus dalam pelayanan jemaah lansia yang menjadi jamaah prioritas Kemenag tahun ini, pihaknya sudah menyediakan mobil golf untuk menjemput dan mengantar jemaah ke tempat penginapan selama di Asrama Haji.

“Jemaah kita yang lansia Insyaallah tidak berjalan kaki saat ke kamarnya, kita antar dengan mobil golf. Kita juga melatih petugas kita dalam melayani lansia,” ujarnya.

“Kita juga akan menempatkan lansia di kamar lantai satu di setiap gedung penginapan. Insya Allah kamar lantai satu bisa menampung semua jemaah lansia,” pungkasnya.

Shares: