News

KPK Pertanyakan Nama Sayed Azhari dan Sayed Azhar Fuadi ke Irwan Djohan

Mantan Wakil Ketua DPRA, Teuku Irwan Djohan memberikan keterangan kepada wartawan di sela-sela pemeriksaan KPK di gedung BPKP Aceh, Selasa (26/10/2021). (Muhammad Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyinggung dua Sayed saat memeriksa mantan wakil Ketua DPRA, Teuku Irwan Djohan. Namun, politikus NasDem ini mengaku tak kenal pada dua sosok tersebut.

“Ada dua nama Sayed ditanya. Tapi saya dua-dua tidak kenal. Ada Sayed Azhari dan Sayed Azhar Fuadi, saya nggak kenal,” kata Irwan di sela-sela menjalani pemeriksaan di gedung BPKP Aceh, Selasa (26/10/2021) sore.

Pemeriksaan masih berlanjut. Irwan Djohan mengaku dicecar sekitar 50-an pertanyaan soal pengadaan Kapal Aceh Hebat oleh penyidik KPK.

“Pertanyaannya nggak banyak, menjawabnya sama sekali tidak susah, Alhamdulillah. Cuma menunggu mereka menyusun berita acaranya itu yang agak lama,” kata dia.

Baca: Irwan Djohan Siap Terbuka Saat Diperiksa KPK

“Saya nggak hitung jumlah pertanyaan, mungkin antara kalau ditotal-total mungkin 50-an pertanyaan mungkin,” tambah Irwan Djohan.

Dalam pemeriksaan itu, KPK juga membawa sejumlah dokumen yang dibawa Irwan Djohan, seperti surat keputusan (SK) hingga print out rekening.

“Berkas sebagian diambil mereka dan sebagian yang dikembalikan. Yang diambil, SK-SK, sama rekening bank ya. Semua itu diambil, tapi kalau yang sama dengan yang lain itu dikembalikan, karena kata mereka sudah cukup,” ujarnya.

Sebelumnya, mantan Wakil Ketua DPRA, Teuku Irwan Djohan memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di gedung BPKP Perwakilan Aceh, Selasa (26/10/2021).

Politikus NasDem ini tiba di gedung BPKP Aceh sekira pukul 09.40 WIB. Kepada wartawan, Irwan Djohan mengaku siap menjalani pemeriksaan KPK, meski berlangsung berjam-jam.

“Karena saya baca berita kemarin 10 jam (pemeriksaannya). Jadi saya siap-siap juga dengan bacaan-bacaan,” kata Irwan Djohan.

Irwan Djohan siap membantu KPK dalam melakukan penyelidikan di Aceh. Dalam pemeriksaan nanti, Irwan bakal memberi keterangan sesuai fakta sejauh yang ia tahu.

“Siap bantu tugas KPK dan siap bantu keterangan sesuai fakta sejauh yang saya ingat dan saya tahu. Apa yang saya sampaikan akan terbuka apa adanya tanpa ada yang ditutup-tutupi,” ungkapnya.

Editor: dani

Shares: