News

Kurun Waktu 9 Jam, Gempa Tektonik Terjadi di Gayo Lues 22 Kali

Gempa Dua Kali Guncang Gayo Lues

POPULARITAS.COM – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat hari ini, Senin (28/9/2020) sejak pukul 04:00 WIB hingga pukul 13:03 WIB, sudah terjadi 22 gempa tektonik di Kabupaten Gayo Lues.

Hanya saja gempa tersebut hingga saat ini belum dirasakan warga setempat. Kepala BMKG Mata Ie, Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro menyebutkan dari analisa pihaknya, gempa tersebut terjadi berpusat di wilayah Gayo Lues.

“Kami telah melakukan analisa event gempa tektonik sejumlah 22 kejadian yang berpusat di Wilayah Gayo Lues. Belum adanya laporan dirasakan oleh masyarakat,” kata Cipto melalui keterangannya.

Pihaknya masih memonitor terkait anomaly serta adanya dampak kerusakan hingga dirasakan oleh masyarakat. Kemudian BMKG juga belum bisa memastikan apakah aka nada gempa susulan serta utama.

“Terkait anomali dan karena belum adanya dampak kerusakan serta dampak dirasakan sehingga kita belum dapat menyimpulkan gempa utama serta gempa susulan. Kita sedang melihat trend kejadiannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Gempa mengguncang Kabupaten Gayo Lues sebanyak dua kali dalam waktu berdekatan, Senin (28/9/2020) dengan kedalaman 2 hingga 5 kilometer.

Masing-masing magnitudo 3.0 pada pukul 09.56 WIB di Lik:3.87 LU,97.63 BT yang berada 34 kilometer Tenggara Kabupaten Gayo Lues dengan kedalaman 2 kilometer.

Editor: dani

Shares: