HeadlineNews

Lab Uji Usap RSUCM Aceh Utara Mulai Beroperasi

Bertambah 78 Orang, Total Positif Covid-19 di Aceh Tembus 2.022 Kasus

POPOLARITAS.COM – Alat laboratorium reverse transcription polymerase chain reaction (RT-PCR) untuk pemeriksaan swab Covid-19 di Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara, sudah dapat difungsikan.

Humas RSUCM Aceh Utara, Jalaluddin mengatakan, laboratorium tersebut sudah dapat difungsikan sejak hari Selasa 31 Agustus 2020 lalu. Sebanyak 10 pesien sudah dilakukan swab covid-19 di laboratorium tersebut.

“Dari 10 itu, ada yang positif ada yang negatif, saya tidak tau karena datanya sama petugas laboratorium,” ujar Jalaluddin, Sabtu (5/9/2020).

Jalaluddin menjelaskan, tes swab Covid-19 di RSUCM tidak diperuntukan kepada tes mandiri. Tapi hanya dikhususkan untuk pasien yang ditangani di rumah sakit itu saja, sebab stok cartridge terbatas.

“Stok cartridge itu terbatas, maka tidak diperbolehkan untuk tes mandiri,” katanya.

Selama laboratorium RT-PCR diaktifkan pasien di rumah sakit tersebut tidak lagi mengirim sampel swab ke provinsi. Katanya, dengan aktifnya laboratorium sudah sangat mempermudahkan dan mempercepat hasil swab pasien, hanya membutuhkan waktu tiga jam hingga lima jam.

“Cartridge itu digunakan pada mesin tes cepat molekuler (TCM) untuk mendeteksi mempercepat penanganan virus corona atau Covid 19,” katanya.

Selain itu RSUCM telah menerima bantuan dari Kemeterian Kesehatan berupa cartridge PCR sebanyak 160 unit beserta mesin. Tak hanya itu untuk mendukung operasional laboratorium, pihak rumah sakit itu sudah memiliki tiga dokter spesialis patologi klinik, analis gizi, serta sumber daya manusia pendamping lainnya.

Reporter: Rizkita
Editor: Acal

Shares: