News

Lalu lintas di wilayah banjir Aceh Selatan gunakan sistem buka tutup

Polisi membantu pengendara sepeda motor yang melintas di ruas jalan terendam banjir di Ladang Rimba, Kabupaten Aceh Selatan, Senin (27/11/2023). Foto: Dok Ditlantas Polda Aceh

POPULARITAS.COM – Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh menyatakan personel polisi lalu lintas melakukan buka tutup lalu lintas kendaraan bermotor di wilayah banjir di Ladang Rimba, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol. Muhammad Iqbal Alqudusy dalam keterangannya, Senin (27/11/2023), mengatakan buka tutup lalu lintas tersebut dilakukan karena banjir masih merendam badan jalan nasional di wilayah Ladang Rimba.

“Saat ini, di beberapa titik jalan nasional Tapaktuan-Subulussalam di Ladang Rimba, Kabupaten Aceh Selatan, masih terendam banjir. Polisi melakukan buka tutup arus lalu lintas guna mencegah kejadian tidak diinginkan,” kata Muhammad Iqbal Alqudusy.

Sebelumnya, lalu lintas dan arus kendaraan bermotor di jalan nasional Aceh menuju Sumatera Utara atau sebaliknya di Ladang Rimba, lumpuh akibat banjir bandang, pada Senin (20/11). Akibat banjir bandang tersebut, badan jalan ditutupi material lumpur dan batang pohon.

Setelah dilakukan pembersihan material banjir bandang, ruas jalan nasional tersebut kembali bisa dilewati kendaraan bermotor pada Rabu (22/11). Namun, air luapan sungai di daerah itu masih menggenangi badan jalan hingga satu meter.

“Selain buka tutup jalan, anggota Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Selatan bersama anggota polsek setempat membantu masyarakat yang melintas di ruas jalan yang terendam banjir tersebut agar tidak terperosok,” kata mantan Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah tersebut.

Oleh karena itu, perwira menengah Polda Aceh itu mengimbau pengguna jalan berhati-hati saat melintas di badan jalan yang terendam banjir tersebut. Serta mengikuti arahan petugas di lapangan guna mencegah hal tidak diinginkan.

“Sejumlah personel lalu lintas juga dikerahkan guna berjaga-jaga serta membantu mengevakuasi pengguna jalan di wilayah banjir tersebut. Kami juga meminta masyarakat mengikuti arahan petugas ketika hendak melintas di badan jalan yang terendam banjir,” kata Muhammad Iqbal Alqudusy.

Shares: