News

Lawan Corona, Media Bersatu Dalam Gerakan #MediaLawanCovid19

IST

BANDA ACEH (popularitas.com) – Media-media di Indonesia bersatu dalam sebuah inisiatif yang diberi nama #MediaLawanCovid19, dalam upaya turut melawan virus Corona yang berasal dari Wuhan, China, itu di Tanah Air.

Ada lebih dari 50 media nasional dan daerah, terdiri dari media televisi, radio, cetak, hingga siber, yang turut dalam inisiatif tersebut.

“#MediaLawanCovid19 adalah sebuah inisiatif bersama kalangan media untuk menyebarkan berbagai konten edukatif secara masif dalam upaya memerangi penyebaran virus Corona di Indonesia,” dikutip dari rilis resmi pada Selasa, 24 Maret 2020.

Inisiatif resmi dimulai Senin, 23 Maret 2020. Dalam peluncuran inisiatif itu disebarkan konten ‘Aman di Rumah’ sebagai upaya menyosialisasikan strategi pemerintah supaya masyarakat belajar, bekerja, juga beribadah di rumah selama masa darurat corona.

“Melalui kerja berjaringan ini, diharapkan berbagai pesan penting dalam upaya memerangi penyebaran virus corona dapat tersebar luas dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat secara cepat,” dikutip dari rilis resmi.

Pada Selasa ini dan seterusnya, upaya berlanjut dengan pembuatan konten-konten mandiri oleh media-media yang tergabung. Konten akan membahas banyak hal mulai dari pesan jaga jarak (social distancing), deteksi dini dan upaya pencegahan, pengobatan dan penanganan penderita Covid-19, hingga kolaborasi dan berbagai info penting lainnya, seperti rumah sakit rujukan, prosedur tes, dan pengobatannya.

“Dengan pola ini, maka diharapkan materi publikasi edukasi yang tersedia dapat berlipat ganda dan dapat dimanfaatkan oleh semua media nasional dan lokal. Dengan begitu, penyebaran konten edukasi tetap dapat berjalan masif, di tengah berbagai keterbatasan tenaga dan sarana kerja akibat diterapkannya kebijakan bekerja dari rumah,” dikutip dari rilis tersebut. (RIL)

Shares: