News

Lima kabupaten di Aceh banjir, ketinggian air capai dua meter

Lima kabupaten di Aceh banjir, ketinggian air capai dua meter
Foto: Sejumlah wilayah di Aceh terendam banjir karena hujan deras yang terjadi sejak kemarin. (BPBA) 

POPULARITAS.COM – Lima kabupaten di Aceh terendam banjir. Hal tersebut terjadi akibat intensitas hujan deras yang mengguyur provinsi ujung barat Sumatra tersebut dalam satu pekan terakhir.

Lima kabupaten tersebut adalah, Aceh Singkil, Abdya, Lhokseumawe, Aceh Timur dan Kota Langsa.

Banjir di Aceh Singkil terjadi sejak Jumat (22/12/2023) pagi yang merendam sekitar 32 gampong di Kecamatan Singkil, Kuta Baharu, Simpang Kanan, Gunung Meriah, Singkil Utara dan Kecamatan Suro.

“Sekitar 20 ribu lebih jiwa terdampak, ketinggian banjir bervariasi mulai dari 70 sentimeter hingga dua meter merendam pemukiman warga, sebagian mengungsi,” ujar Kepala BPBA, Ilyas, Senin (25/12/2023).

“Di sebagian kawasan banjir mulai suruh, pemerintah setempat masih melakukan penanganan lanjut,” katanya.

Sementara itu, banjir wilayah Abdya terjadi sejak Minggu (24/12/2023) kemarin di Kecamatan Tangan-tangan, Blangpidie dan Kecamatan Setia.

Ketinggian banjir mencapai 40 sentimeter hingga 60 sentimeter. Hingga saat ini, diketahui debit air pun masih sama dan belum surut.

“Banjir merendam pemukiman warga, area persawahan, jalan nasional, arus lalu lintas pun terganggu,” kata Ilyas.

Begitu juga di Aceh Timur, banjir yang terjadi sejak kemarin merendam lima kecamatan, yakni Kecamatan Simpang Jernih, Pante Bidari, Indra Makmur, Sungai Raya dan Kecamatan Birem Bayeun.

“Ketinggian banjir di Aceh Tim mencapai hingga 30 sentimeter hingga 80 sentimeter,” ucap Ilyas lagi.

Selanjutnya Langsa, banjir terjadi di wilayah Kecamatan Langsa Baro, Langsa Kota dan Kecamatan Langsa Lama, Senin (25/12/2023).

“Rumah-rumah warga terendam, jumlah korban terdampak sebanyak 1.023 KK yang terdiri dari 2.674 jiwa. Air masih belum surut, BPBD setempat masih melakukan penanganan,” jelasnya.

Untuk wilayah Lhokseumawe, belum diperoleh data konkret dari BPBA. Namun yang pasti, hujan deras sejak kemarin merendam wilayah Bathupat dan sekitarnya dengan ketinggian air yang mencapai hingga satu meter.

Shares: