News

Lonjakan pemudik di Terminal Cikarang diprediksi H-10 Lebaran

Kepala Terminal Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Dayan, menyatakan lonjakan pemudik di terminal tipe B tersebut diprediksi baru akan terjadi pada Sabtu (23/4//2022) mendatang atau H-10 Lebaran.
Kepala Terminal Tipe B Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Dayan. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah)

POPULARITAS.COM – Kepala Terminal Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Dayan, menyatakan lonjakan pemudik di terminal tipe B tersebut diprediksi baru akan terjadi pada Sabtu (23/4//2022) mendatang atau H-10 Lebaran.

“H-10 Lebaran nanti sepertinya sudah mulai ramai hingga terjadi lonjakan pemudik,” kata Dayan di Cikarang, Selasa (19/4/2022).

Dia menjelaskan saat ini jumlah pemudik yang berangkat menuju wilayah lain di Provinsi Jawa Barat, serta Jawa Tengah dan Jawa Timur mulai mengalami kenaikan meski belum terlihat secara signifikan.

Kenaikan tersebut terlihat dari jumlah penumpang yang mengisi setiap bus dari kondisi normal sebelumnya sebanyak 10 penumpang saja kini bertambah menjadi 15-20 penumpang.

“Belum naik signifikan saat ini, kalau mayoritas tujuan itu ke Jawa Tengah seperti Wonosobo dan Purwokerto. Juga ada yang ke Jawa Timur. Kalau Jawa Barat ke Tasik, Garut, dan Pangandaran,” ucapnya.

Dayan mengaku belum menyiagakan banyak armada mengingat lonjakan penumpang juga belum terjadi namun pihaknya akan menyediakan sebanyak 116 bus untuk mengangkut pemudik.

“Dari 116 armada, yang stand by sekitar 80 bus, sisanya untuk cadangan. Tapi nanti kalau ada lonjakan penumpang, masing-masing PO menyatakan siap untuk menambah armada dua atau tiga unit,” katanya.

Terminal Cikarang sendiri memiliki total 23 trayek dengan rincian 13 Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan 10 Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). “Dari 10 trayek AKAP, tujuh trayek punya Sinar Jaya jurusan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jadi satu PO melayani banyak trayek,” kata Dayan.

Sementara itu Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Sukri menjelaskan lonjakan pemudik roda dua dan empat diprediksi juga akan terjadi pada H-10.

Seperti biasa, kata dia, pemudik akan melewati tiga jalur. Bagi pengendara roda empat, pemudik melintas di Tol Jakarta-Cikampek. Sedangkan pemudik roda dua akan melewati jalur Jalan Raya Pantura dan Kalimalang.

“Yang kami pantau ada tiga, pertama di Tol Japek, Kalimalang dan Pantura. Nah prediksi lonjakan pemudik H-10,” kata Sukri. (ANT)

Shares: