HukumNews

LSM MaTA minta Pj Bupati Pidie evaluasi anggaran perjalanan di Dinas Pertanian dan Pangan

LSM MaTA minta Pj Bupati Pidie evaluasi anggaran perjalanan di Dinas Pertanian dan Pangan
Koordinator MaTA, Alfian. Foto: Riska Zulfira/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Lembaga Swadaya Masyarakat (LMS) Masyarakat Transparansi Anggaran (MaTA), minta Pj Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto, untuk melakukan koreksi dan evaluasi atas besarnya biaya perjalanan pada Dinas Pertanian dan Pangan di daerah itu.

Hal tersebut disampaikan Kordinator MaTA Alfian, dalam keterangannya kepada popularitas.com, Kamis (20/7/2023), saat dimintai tanggapan tentang biaya perjalanan di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Pidie yang nyaris mencapai Rp1 miliar.

Menurutnya, anggaran perjalanan dinas di lingkup instansi selevel kabupaten yang mencapai Rp908,4 juta itu, tergolong sangat besar dan dapat berpotensi terjadi penyalahgunaa serta berdampak tidak efisien.

Karna itu, pihaknya meminta agar anggaran yang peruntukannya bagi ‘jalan-jalan’ di dinas tersebut, dapat di rasionalkan kembali. Kemudian bisa dipergunakan untuk kebutuhan kegiatan lain yang pro-rakyat.

“Ya baiknya di rasionalkan. Artinya apakah dana sebesar itu sesuai dengan kebutuhan atau tidak,” paparnya.

Apalagi dari beberapa kasus yang sering ditemui pihaknya, banyak sejumlah instansi yang memanfaatkan biaya perjalan dengan dinas dengan melakukan mark-up dan fiktif. “Iya, dalam beberapa temuan, kerap disalahgunakan,” tukasnya.

Jika perlu, timpalnya kemudian, Pj Bupati Pidie sekaligus dapat mengevaluasi keberadaan kepala dinas di instansi itu. Kenapa kemudian bisa anggarkan biaya yang besar dan bukan didasarkan kebutuhan.

Editor : Hendro Saky

Shares: