News

Mahasiswa USK harumkan nama Aceh di kancah internasional

Mahasiswa USK harumkan nama Aceh di kancah internasional
Mahasiswa USKperaih medali Perak (juara II) pada kompetisi bergengsi berskala internasional Global Competition for Life Sciences (GloCoLis) tahun 2023. Foto: USK

POPULARITAS.COM – Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) mengharumkan nama Aceh di kancah internasional, setelah sukses menyabet medali Perak (juara II) pada kompetisi bergengsi berskala internasional Global Competition for Life Sciences (GloCoLis) tahun 2023.

Ajang ini diikuti oleh 319 tim dari 15 negara. Negara yang ikut berpartisipasi meliputi Filipina, Thailand, Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Australia, Turkiye, Macedonia, Greece, Spanyol, dan lainnya. GloCoLis berlangsung sejak tanggal 14 Maret hingga 5 April 2023.

Keberhasilan USK meraih perak di kompetisi ini, tidak terlepas dari kolaborasi konsep keilmuan Teknik Kimia yang dipadukan dengan Teknik Sipil, dalam bentuk sebuah gagasan inovatif yang dituangkan dalam karya ilmiah. Karya ilmiah Tim USK berjudul: Utilization of Bacillus Subtilis From Seaweed Waste as Admixture For Making Self Healing Concrete.

“Harapannya hasil karya ilmiah ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan keretakan dinding bangunan akibat situasi dan kondisi yang tidak menguntungkan, baik dari faktor alamiah maupun bencana,” kata Qadri, tim dari USK dalam keterangannya, Kamis (6/4/2023).

Tim USK terdiri dari Qodri Yudit Angesta (Teknik Kimia), Geubrina Rizqa Maulida (Teknik Kimia), Imam Akbar Al- Khalis (Teknik Sipil), Naufal Romiz Maltuf (Manajemen) dan Farid Fahlevi (Ekonomi Pembangunan), yang dibimbing oleh Farid Mulana, dosen pada Jurusan Teknik Kimia yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Dekan Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Fakultas Teknik, USK.

Menanggapi hasil yang diperoleh Tim USK pada ajang internasional ini, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc mengemukakan rasa syukur atas prestasi itu.

“Selamat kepada Tim USK yang telah berhasil meraih medali perak pada kompetisi GloColis. Jangan berpuas diri, terus mengasah kemampuan dan kompetensi, sehingga dapat berprestasi menjadi yang terbaik pada event yang lain.

Untuk diketahui, GloColis merupakan kompetisi internasional prestisius yang diselenggarakan oleh Indonesia Youth Scientists Association. GloCoLis merupakan platform pembelajaran yang tepat untuk membangun daya saing global, dengan kompetensi ilmiah dan membangun jaringan peneliti dan profesional industri yang kuat, yang dapat memenuhi standar nasional dan internasional.

Shares: