News

Mantan Polisi Meu Pep-pep Tutup Usia

Mengenang AKBP Adnan, Polisi Meu Pep-pep Ogah Asal Tilang
Mantan polisi meu pep-pep, Ajun Komisaris Besar Polisi (Purn) Adnan tutup pada Kamis (31/12/2020). Pria kelahiran Meureudu, Pidie Jaya ini meninggal dunia di usia 60 tahun.

POPULARITAS.COM – Mantan polisi meu pep-pep, Ajun Komisaris Besar Polisi (Purn) Adnan tutup pada Kamis (31/12/2020). Pria kelahiran Meureudu, Pidie Jaya ini meninggal dunia di usia 60 tahun.

Kabar meninggalnya AKBP Adnan beredar luas dan cepat di sejumlah jejaring media sosial di Provinsi Aceh, terutama WhatsApp Group (WAG). Berbagai pihak menyampaikan belasungkawa atas kepergian sosok tersebut.

“Innalillahi wainnailahi Rajiun… meninggal dunia AKBP Adnan, (Polisi Meu Pep-Pep) di Pos Kopi Kota Langsa, sekarang jenazah berada di RSU umum Kota Langsa, semoga tempat yang mulia di sisi Allah SWT,” demikian isi tulisan yang beredar.

AKBP Adnan merupakan purnawirawan yang pernah bertugas di Direktorat Lalu-lintas Polda Aceh. Pada 2013, sosok ini sempat menjadi viral melalui aksinya di jalan raya.

Dengan berkeliling Kota Banda Aceh menggunakan mobil patroli, AKBP Adnan melakukan sosialisasi tentang tertib berlalu-lintas kepada pengguna jalan dengan mengedepankan kearifan lokal, yakni menggunakan bahasa Aceh.

Apabila menemukan pengguna jalan yang melanggar, AKBP tak segan-segan menegur menggunakan bahasa Aceh melalui pengeras suara. Oleh karena itu, ia dikenal dengan Polisi Meu Pep-pep melalui program tersebut.

Atas terobosan tersebut, AKBP Adnan memperoleh sejumlah penghargaan, di antaranya Rekor Muri tahun 2013 sebagai polisi terdekat dengan rakyat dan mampu meminta tandatangan 25000 anti terobos lampu merah.

Kemudian, penghargaan di hari lahir Kota Banda Aceh 2014 dari Wali Kota Banda Aceh sebagai kategori polisi terajin, penghargaan dari Kapolda Aceh pada 2015 sebagai polisi disiplin.

Lalu, penghargaan dari Kakorlantas Polri tahun 2015 sebagai polisi peduli masyarakat, penghargaan dari Gubernur Aceh tahun 2016 sebagai polisi peduli keselamatan di jalan warga Aceh dan sejumlah penghargaan lainnya. []

Editor: Acal

Shares: