News

Mantan Wakpolresta Banda Aceh itu, kini jadi Dirbinmas Polda Aceh

Mantan Wakpolresta Banda Aceh itu, kini jadi Dirbinmas Polda Aceh
Kombes Pol Sugeng Hadi Sutrisno, saat menandatangani berita acara pelantikan oleh Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar, Rabu (12/7/2023). FOTO : Bid Humas Polda Aceh

POPULARITAS.COM – Kombes Pol Sugeng Hadi Sutrisno, Rabu (12/7/2023), resmi dilantik sebagai Direktur Binmas Kepolisian Daerah (Polda) Aceh. Mengenal secara dekat perwira menengah itu saat Ia masih jabat sebagai Wakapolresta Banda Aceh. Dalam kerja-kerja sebagai jurnalis, saya kerap berdikusi dengannya dan menjadikannya sebagai narasumber terbaik.

Malang melintang di jajaran kepolisian di sejumlah polda di beberapa provinsi, Kombes Pol Hadi Sutrisno lama berkarir di bidang kehumasan di Polri. Lelaki humble, mudah senyum, namun tegas pada prinsip penegakan hukum itu, akhirnya kembali ke daerah provinsi ujung barat Sumatra ini.

Walau bertugas di Divisi Humas Mabes Polri, dalam setiap kesempatan tugas ke Aceh, ayah yang miliki putri seorang dokter itu kerap menghubungiku untuk sekegar ngopi dan bertukas pikiran.

“Bang, saya ada di Banda Aceh ini. Ngopi yok,” sapanya lewat sambungan telpon kala berkunjung ke Aceh.

Aceh baginya bukan daerah baru. Jenjang karirnya lama Ia jalani di provinsi berjuluk serambi mekkah ini. Bahkan, secara kultur, pria iini sudah menjadi orang Aceh. Anak-anaknya semua Ia sekolahkan di daerah ini, bahkan, Putri yang Ia cintai menamatkan jenjang pendidikan kedokteran di kampus Universitas Syiah Kuala (USK).

Menjabat sebagai Dirbinmas, tentu harus mengenali kultur masyarakat di daerah ini, lewat kegiatan-kegiatan pembinaan masyarakat, gampong, mukim dan keistimewaan Aceh lainnya. Nah, puluhan tahun bertugas di provinsi ini, tentu Kombes Pol Sugeng Hadi Sutrisno sudah sangat memahaminya.

“Doakan saya yah bang, bisa memberikan sumbangsih terbaik kepolisian lewat tugas Binmas bagi masyarakat Aceh,” katanya usai dilantik.

Kombes Pol Sugeng Hadi Sutrisno sendiri, sebelumnya merupakan Kabag Anev Biro PID Div Humas Polri. Ia dilantik sebagai Dirbinmas menggantikan Kombes Pol Mohammad Muslim Siregar.

Shares: