News

Memulai Hobi Pelihara Tanaman Tak Harus Keluar Banyak Uang

tanaman snake plant. (net)

Memiliki semakin banyak penggemar di beberapa bulan terakhir membuat harga tanaman hias terus melambung. Banyak orang, tak hanya pehobi lama tetapi juga para newbie, rela mengeluarkan banyak uang demi mempercantik rumahnya dengan koleksi tanaman- tanaman hias.

Bagi Anda yang baru mau memulai hobi memelihara tanaman hias tetapi ragu dengan kondisi keuangan, tak perlu khawatir. Sebab, memulai hobi pelihara tanaman ternyata tak harus keluar banyak uang, kok. Benarkah demikian? Kolektor dan penjual tanaman hias yang memiliki kebun di Tamansari, Bogor, Yuzar Ardiansyah menyarankan para pemula untuk mulai memelihara tanaman yang ada di sekitar terlebih dahulu.

Langkah ini tentunya tidak memerlukan biaya, namun Anda mungkin perlu menyiapkan perlengkapan berkebun yang dibutuhkan. Jika tanaman-tanaman tersebut hidup dan bisa berkembang dengan baik, barulah mempertimbangkan untuk membeli tanaman.

“Buat pemula, sebetulnya harus suka dulu sama tanaman. Kalau enggak percuma, beli juga enggak diurus, ya bakalan mati,” ujarnya.

Hindari mengikuti tren, apalagi langsung ingin memelihara tanaman versi langka yang harganya cukup mahal. Bagi pemula, syngonium dan philodendron bisa menjadi opsi. Dua jenis tanaman tersebut menurutnya paling kuat ketika pengantaran dan perawatannya tidak begitu sulit.

Namun, Anda perlu pula berbincang dengan penjual tanaman sebelum membeli. Sebab, beberapa jenis tanaman sedang sangat diminati sehingga harganya menjadi tinggi. Misalnya, philodendron florida beauty variegata yang harganya sudah sampai Rp 2 juta per daun.

Tapi, jangan dulu khawatir atau mengurungkan niat Anda untuk memelihara tanaman. Sebab, masih banyak tanaman hias yang harganya terjangkau. Terutama, jenis tanaman yang bukan variegata.

“Yang di bawah Rp 100 ribu juga masih banyak kok philodendron juga,” ucap pria yang menjalankan akun jual tanaman @plantt_story di Instagram itu.

Selain itu, datang langsung ke kebun penjual terkadang juga bisa membuat Anda mendapatkan tanaman hias dengan harga yang lebih murah. Untuk Plant Story, misalnya, memberi harga yang sedikit lebih tinggi untuk tanamannya dijual secara online. Alasannya, pengiriman pembelian tanaman online cenderung lebih berisiko, dan penjual terpaksa harus mengganti dengan tanaman baru jika terjadi kerusakan di perjalanan.

“Mending datang langsung ke penjualnya, sekalian dikasih tahu juga tips-tips merawat tanamannya,” kata Yuzar.

Sumber: kompas

Shares: